Ini Fungsi Sesungguhnya dari Artroskopi

66
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |Kesehatan JAKARTA – Dalam menjalani aktifitas sehari-hari, tubuh akan rutin mengalami gerakan. Gerakan tersebut akan meningkat saat Anda melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Pada saat berolahraga, pernahkah Anda mengalami nyeri atau cedera pada persendian? Apakah nyeri dan cedera tersebut sudah sembuh secara total? Kalau belum, artinya Anda membutuhkan penanganan yang lebih khusus.

Pada dunia kedokteran dikenal istilah yang dinamakan Artroskopi. Artroskopi memiliki fungsi untuk melihat sendi yang mengalami nyeri secara keseluruhan, dengan minimal invasif. Artroskopi memiliki dua fungsi. Yakni sebagai diagnostik (melihat kedalam), dan Terapetik (melakukan pengobatan secara langsung).

“Daerah sendi yang mengalami nyeri akan dibuat dua luka sebesar 0,5 centimeter. Setelah itu, akan dimasukkan alat yakni satu lensa dan satu alat untuk bekerja. Lensa tersebut akan disambungkan ke sebuah monitor, sehingga keluhan pasien dapat diketahui dengan lebih baik,” ujar dr. IGM Febry Siswanto, SpOT, Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur.

dr. IGM Febri Siswanto, SpOT juga menginfomasikan keuntungan menggunakan artroskopi adalah tidak merusak jaringan dan tidak akan menyakiti sendi, serta tidak akan ada luka besar. Berbeda dengan cara konvensional yang dapat mengakibatkan nyeri pasca operasi karena terdapat kerusakan jaringan, serta kekakuan pada sendi.

Durasi pengerjaan menggunakan artroskopi memiliki waktu yang berbeda-beda, dan dikembalikan kepada berat atau ringan permasalahan yang dialami penderita. “Semua memang dikembalikan pada kondisi dan kerja sama dari pasien. Bahkan, ada pula pasien yang melakukan one day care. Jadi semua tergantung dari case per case dan tingkat adaptasi post operasi,” tutupnya.(infonitas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here