Disparekraf Genjot Kunjungan Turis

45
SHARE

BHARATANEWS.ID | PARIWISATA – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan, serangkaian kegitan mulai dari Festival Belitung 2016 dan even-even lainnya, diharapkan dapat memberikan rasa yang mengesankan bagi para wisatawan yang datang ke Negeri Laskar Pelangi.

    Dengan begitu, mereka dapat memberikan rekomendasi kepada keluarga, kolega, maupun teman untuk berkunjung ke Belitung. Baik mereka yang datang dari dalam negeri (wisatawan nusantara-wisnus) maupun yang datang dari luar negeri (wisatawan mancanegara-wisman). Jadi, dengan kunjungan wisatawan yang terus meningkat, akan berdampak positif terhadap pariwisata Belitung yang lebih luas.

    “Secara otomatis rekomendasi dari para turis yang berkualitas nantinya akan memberikan pengaruh terhadap kunjungan wisatawan,” ujar Hermanto kepada Belitong Ekspres Selasa (26/10) kemarin di ruang kerjanya.

    Hermanto menjelaskan, peningkatan jumlah kunjungan turis ini merupakan tantangan bersama untuk selalu dan terus meningkatkan serta memajukan pariwisata Belitung lebih jauh, baik di kancah domestik maupun internasional. “Banyak yang harus kita benahi untuk mempromosikan pariwisata Belitung secara besar-besaran, seperti faktor aksesibiltas serta menciptakan even-even sesuai sumber daya saat ini dari seluruh sisi,’’ paparnya.

    Kata Hermanto, dari beberapa sampel yang diambil langsung di lapangan mengenai tanggapan dari wisatawan, mereka selalu mengatakan Belitung sangat luar bisa indah dan amazing. Namun, semua pihak tidak perlu terlena dengan hasil yang sudah dicapai saat ini. Lanjut jauh Hermanto mengatakan, sejalan dengan tantangan kemajuan yang direncanakan, tidak hanya dari sisi banyaknya turis yang berkunjung. Lebih dari itu, turis yang datang ke Belitung harus berkualitas dan berdampak nyata terhadap pariwisata.

    “Masih banyak tantangan dan capaian yang harus kita raih bersama. Tidak hanya dari pemerintahan, tapi juga stake holder pariwisata untuk berbicara pariwisata Belitung di kancah internasional,” ungkapnya.

    Masih menurut Hermanto, Disparektaf terus berusaha dan bekerja keras untuk kemajuan pariwisata yang berkelanjutan. Salah satunya sosialisasi pembangunan pariwisata yang berkelanjutan kepada pihak hotel maupu tour travel. Ini penting untuk memahami dan mengelola secara bijak sumber daya yang dimiliki. “Syukur-syukur kalau mendapatkan sertifikat global tentu akan mendapat nilai tambah sesuai kaedah pariwisata berkelanjutan,’’ kata Hermanto.

    Ditambahkan Hermanto, pada tanggal 28 Okotber mendatang ada sosialisasi bagi pelaku usaha kuliner tentang sertifikat halal  dengan nara sumber dari LPOM Provinsi Babel. Lantas, tanggal 2 sampai 7 November Disparektaf akan promosi pariwisata melalui kegiatan Expo di Solo. (RADARBANGKA.CO.ID)