Depok Raih Penghargaan Intensifikasi Pajak Jawa Barat

63
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Pemerintah Kota Depok berhasil mendapatkan penghargaan intensifikasi pemungutan pajak kendaraan bermotor tahun 2016. Secara simbolis, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menerima hadiah berupa mobil operasional sosialisasi pajak oleh Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat Wilayah Depok 1 Encep Iwa Sudrajat, di Balaikota Depok, Jawa Barat, Senin (24/10).

“Alhamdulillah Kota Depok menjadi yang terbaik, ini merupakan sebuah prestasi yang harus disyukuri,” ujar Idris.

Dikatakan Wali Kota, penghargaan intensifikasi pajak kendaraan bermotor ini berkaitan dengan upaya dari Pemerintah Kota Depok untuk meningkatkan pendapatan pajak yang berasal dari kendaraan bermotor. Adapun penilaian dilihat dari sisi pemenuhan target dan sistem serta manajemen untuk memaksimalkan pemasukan pajak melalui sektor ini.

“Konkretnya upaya kami sosialisasi di Samsat dan juga di pihak Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) , walaupun memang ada hal-hal yang belum maksimal namun kami akan terus berusaha untuk meningkatkannya lagi,” ujar Idris.

Terkait masih banyaknya warga yang berdomisili di Depok namun membayar pajak kendaraan di wilayah lain, Idris mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha untuk mengajak mereka untuk mengurus mutasi surat-surat kendaraan ke wilayah Depok.

“Saat ini Samsat sedang ada program BBN ke-2, yaitu Bebas Bea Balik Nama untuk mutasi maupun balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya. Diharapkan program ini dapat dimanfaatkan oleh warga Depok,” kata wali kota.

Sementara itu, Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Dispenda Provinsi Jawa Barat Wilayah Depok 1 Encep Iwa Sudrajat berharap penghargaan ini bisa mendorong dan memotivasi pihak Dispenda dan juga DPPKA Kota Depok dalam meningkatkan target pajak kendaraan bermotor di Depok. Dirinya mengatakan bahwa salah satu upayanya adalah merekrut kader pajak di tiap kelurahan dan kecamatan untuk bergerak langsung di tiap wilayah.

“Upaya selalu kita lakukan agar masyarakat memiliki ketaatan membayar pajak. Sekarang Depok juga mendapatkan mobil operasional untuk melakukan sosialisasi, semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata Encep.

(beritasatu.com)