Dampak Kesehatan Mengisi Baterai Terlalu Lama

28
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Dalam penelitian terbaru diterangkan lebih dari 100 gas yang terkandung dalam baterai ponsel bisa berakibat fatal pada manusia.

Peneliti mengidentifikasi ada lebih dari 100 gas yang terkandung dalam baterai lithium termasuk karbon monoksida dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata dan juga berbahaya bagi lingkungan.

Peneliti dari NBC Defence di Amerika Serikat bekerjasama dengan Tsinghua University menyebutkan orang-orang mungkin tidak mengetahui tentang bahaya mengisi baterai lithium-ion terlalu lama. Jenis baterai ini juga dilaporkan menempati peringkat kedua jenis baterai yang digunakan mayoritas orang dengan lebih dari 2 juta pengguna per tahunnya.

“Pada saat ini, baterai lithium-ion secara aktif dipromosikan oleh pemerintah sebagai jenis solusi hemat energi tenaga listrik mulai dari kendaraan hingga perangkat gadget,” buka Jie Sun, profesor sekaligus penulis di Institute NBC Defence seperti dilansir Times of India, Rabu (26/10).

“Lithium-ion sendiri digunakan oleh miliaran rumah tangga, jadi penting rasanya agar orang tahu risiko dibalik penggunaan energi tersebut,” sambungnya.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan partikel karbon monoksida memiliki risiko berbahaya dalam waktu singkat bahkan jika hanya bersentuhan dengan partikel kecil. Hampir 200 ribu baterai lithium-ion inilah yang diketahui sebagai dalang meledaknya beberapa perangkat yang banyak diberitakan di media massa belakangan.(lifestyle.analisadaily.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here