Berkah Akhir Tahun, Kinerja Emiten Consumer Goods Bakal Kinclong

52
SHARE

BHARATANEWS.ID l Bisnis – Industri barang-barang konsumsi diprediksikan bakal kembali memanen laba yang meningkat memasuki penutupan 2016.

Head of Research PT Koneksi Kapital Marolop Alfred Nainggolan mengungkapkan peningkatan masa konsumsi yang cukup padat terjadi mulai dirasakan saat Desember. Namun, biasanya, sebulan sebelum masuk perayaan Natal aktivitas konsumsi masyarakat mulai meningkat.

“Emiten yang diuntungkan yakni ritel dan consumer goods. Konsumsi masyarakat saat memasuki Desember lebih pada makanan,” ungkapnya, Rabu (26/10/2016).

Menurutnya, emiten yang berpotensi meraup cuan untuk makanan dan minuman yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., dan PT Mayora Indah Tbk.. Sementara itu, emiten ritel yang diprediksi mencatatkan pendapatan yang bagus yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk., PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk., dan PT Matahari Putra Prima Tbk..

Adapun survei konsumen Bank Indonesia pada September 2016 mengindikasikan bahwa konsumen masih memandang optimis kondisi perekonomian Indonesia. Indeks keyakinan konsumen (IKK) pada September 2016 menurun dibandingkan bulan sebelumnya, menjadi 111 dari posisi 113,3.

Kendati begitu, IKK masih tetap berada di level optimis. Secara triwulan, rata-rata IKK kuartal III/2016 mencapai 112,5, lebih tinggi dibandingkan 111,6 pada kuartal sebelumnya. Survei ini juga memprakirakan akan terjadi peningkatan harga pada Desember 2016.