Bekraf Tingkatkan Nilai Jual Kuliner Belitung

48
SHARE

BHARATANEWS.ID | KULINER – Momen penyelenggaraan Festival Belitong 2016 benar benar dimanfaatkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mendongkrak potensi ekonomi kreatif Kabupaten Belitung agar memiliki daya jual tinggi.

Khususnya di bidang kuliner yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan secara khusus.

Pelaku industri kuliner lokal diharapkan sudah harus mulai melakukan tiga pendekatan dala mempromosikan kuliner khasnya agar lebih memikat wisatawan. Yaitu penguatan branding, Gasto & diplomacy culinary serta memanfaatkan media, baik media konvensional, media digital maupun media sosial.

Hal ini terungkap dalam talkshow “how to promote Belitung Culinary”, Jumat (21/10) di Hotel Billiton, Belitung.
Manpalagupta Sitorus sebagai profesional PR menilai pentingnya branding untuk meningkatkan reputasi sebuah produk agar diminati. Hal ini dilakukan dengan menciptkan logo produk yang menarik.

“Proses pembuatan branding dan logo harus memiliki filosofi tertentu yang searah dengan tujuan, visi dan misi produksi suatu produk,” tuturnya.

Selanjutnya, peran diplomasi dalam mengangkat citra kuliner lokal perlu dilakukan. Baik oleh individu (gastro diplomacy) maupun oleh pemerintah (culinary diplomacy) dengan membawa makanan khas lokal saat kunjungan ke mancanegara.

Strategi ini akan berhasil dengan catatan produk yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri. Hal ini seperti diungkapkan oleh nara sumber lainnya yaitu seorang publisher dari Foodies Magazine, Jeb Doble.

“Produk tersebut harus otentik, berbeda dan mudah dikenali,” tuturnya.

Upaya ini dinilai lebih efektif, murah dan tepat sasaran untuk para wisatawan mancanegara. Selebihnya, pemda setempat dapat menggunakan media konvensional dan sosial untuk sarana promosi kuliner khasnya.

Khususnya media sosial seperti twitter, instagram dan Facebook. Hal ini didukung dengan meningkatnya pengguna internet di tanah air yang mencapai 100 juta users. Oleh karena itu, medsos menjadi primadona dalam sarana promosi kuliner yang murah dan efektif.(tribunnews.com)