Membuat Dinding Unik dari Material Kayu Bekas

82
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | UNIK – Sesuatu yang sudah tidak bernilai biasanya akan kita buang begitu saja, entah itu botol minum bekas, sampah plastik, hingga kayu yang sudah usang. Padahal jika diolah dengan tepat, barang yang sudah tidak bernilai tersebut bisa menjadi barang yang sangat berharga dan mempunyai fungsi baru.

Seperti kayu bekas misalnya, material yang satu ini jika didaur ulang dengan baik dapat dimanfaatkan kembali menjadi material pelapis dinding atau plafon yang unik dan bernilai seni tinggi. Inspirasi penggunaan ulang kayu bekas bisa dilihat dari bangunan rumah hasil karya arsitek Viko Trah Dewangga dari TDA.

Dinding fasad di rumah ini memakai sisa kayu bekisting yang telah dipotong-potong menjadi material finishing. Selain dinding, kayu bekas ini juga dimanfaatkan sebagai pelapis atap carport.

Pemanfaatan kayu bekas ini bisa Anda coba juga di rumah. Untuk Anda yang hendak merenovasi tapi tidak ingin keluar biaya banyak, bisa menggunakan cara ini. biaya yang dikeluarkan lebih rendah dan tidak ada material yang terbuang sia-sia. Kayu bekas ini juga bisa dijadikan parket lantai, pintu garasi, dan lain-lain.

Perlu diingat, jika ingin menggunakan kayu bekas untuk material rumah ingat pula cara perawatannya karena setiap jenis kayu memiliki karakter yang berbeda. Karakter kayu umumnya lunak, basah, dan mudah dimakan rayap. Sebaiknya digunakan untuk elemen finishing saja. Jangan lupa untuk melapisi kayu bekas yang digunakan dengan cairan anti rayap, untuk menjaganya tetap awet. (jitunews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here