Memanaskan Air Berulang Kali Berbahaya Bagi Kesehatan

34
0
BHARATANEWS.ID | KesehatanBisa memicu sakit ginjal hingga kanker.
Apakah Anda kerap memanaskan kembali air matang yang sudah dingin? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Memanaskan air memang perlu untuk membunuh kuman yang ada sebelum air tersebut matang, namun ketika dipanaskan untuk kedua atau kesekian kalinya, air tersebut bisa menimbulkan bahaya.

Ketika air dipanaskan, senyawa berbahaya menguap dan air menjadi aman untuk dikonsumsi. Namun, ketika dipanaskan kembali, maka senyawa berbahaya akan kembali muncul dan air menjadi tidak aman untuk diminum.

Lalu, apa saja penyakit yang bisa dipicu oleh kebiasaan ini? Berikut di antaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky:

Masalah pencernaan

Kandungan senyawa arsenik yang terdapat dalam air yang dipanaskan berulang kali akan memicu timbulnya masalah pada perut dan usus. Biasanya ditandai dengan sakit perut ringan yang sering tidak kita sadari.

Mengganggu saraf

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan flouride dalam air memicu beberapa permasalahan saraf. Bagi anak-anak, hal ini bahkan bisa mempengaruhi Intelligence Quotient (IQ).

Kanker

Air mengandung senyawa nitrat. Ketika dipanaskan berulang-ulang, senyawa ini bisa memicu timbulnya kanker usus, rahim, kandung kemih dan pankreas.

Masalah jantung

Senyawa arsenik adalah zat paling beracun yang ada di air. Ketika air dipanaskan kembali, air juga bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskuler.

Sakit ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital manusia dan yang paling berisiko terkena dampak berbahaya akibat konsumsi air yang dipanaskan kembali. Ginjal adalah organ yang paling berdampak buruk jika terkena paparan senyawa arsenik.(viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here