Manfaat Sehat Minum Air untuk Tubuh

56
0

BHARATANEWS.ID | Kesehatan JAKARTA – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) merekomendasikan, kebutuhan air sebanyak 8 gelas per hari. Sebab, air merupakan komponen esensial dalam kehidupan sehari-hari, termasuk air putih.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini manfaat minum air untuk kesehatan, terutama air putih.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Sekira 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Meminum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.

Menurunkan berat badan
Penelitian klinis pada orang dewasa gemuk, meminum 2 gelas air saat 1 hingga 2 jam sebelum makan (makan siang dan makan malam) dapat menurunkan berat badan. Penyebabnya, air putih yang diminum menimbulkan rasa kenyang dan bisa mengurangi asupan makanan.

Mengeluarkan racun
Fungsi air antara lain sebagai pelarut, media transportasi dan media eliminasi atau membersihkan sisa metabolisme dan racun atau toksin. Air putih membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Meredakan batuk atau pilek
Meminum minuman hangat dapat meningkatkan aliran lendir pada rongga hidung, sehingga menghambat perkembangan virus atau bakteri penyebab pilek di rongga hidung. Minuman hangat juga melegakan pernapasan dan mengurangi keluhan seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, rasa gatal pada tenggorokan, dan rasa lelah.

Menjaga daya konsentrasi
Minum air putih minimal 2 liter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak. Air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

Membuat kulit halus dan cerah
Kulit mengandung 80 persen air. Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Untuk tetap menjaga kesehatan kulit, diperlukan air yang cukup, tidak melebihi yang direkomendasi. (timesindonesi.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here