Kaltara Peroleh Dua Predikat

36
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA – Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Risdianto meyebutkan, Kalimantan Utara menerima dua predikat sekaligus dalam keikutsertaan Nusantara Expo dan Forum 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sejak 19 hingga 23 Oktober lalu.

Predikat pertama Kaltara merupakan juara 1 stand terbaik kategori provinsi. Kedua, Kaltara memperoleh predikat penampil terbaik ke empat karnaval budaya. Meski Kaltara baru mengikuti kegiatan ini untuk pertama kali, namun dua predikat ini diyakini menjadi motivasi untuk kegiatan di tahun-tahun selanjutnya.

“Meski yang pertama kita patut bangga dan bersyukur karena ini akan menjadi motivasi kita lebih baik lagi nantinya,” ujar Risdianto.

Dikatakan, pelaksanaan Nusantara Expo dan Forum 2016 bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan ekonomi dan daya saing. Juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran seluruh komponen bangsa dalam rangka memelihara, melindungi dan mengembangkan  warisan seni dan budaya melalui inovasi dan kreativitas untuk pembangunan ekonomi bangsa.

Sedangkan tujuannya agar tercapai sinergi dan keterpaduan  langkah para pemangku kepentingan, dunia usaha dan masyarakat serta membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan produk-produk unggulan daerah sebagai pilar ketahanan ekonomi nasional yang tangguh untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan diikuti oleh kementerian dan lembaga  pemerintah sebanyak 5 peserta, pemerintah provinsi sebanyak 13 peserta, pemerintah kabupaten/kota sebanyak 106, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah, dunia usaha swasta nasional dan investasi, serta pelaku usaha kecil menengah.

“Nusantara Expo dan Forum 2016 merupakan kegiatan yang berkelanjutan, merupakan kalender kegiatan tahunan dan telah dilaksanakan sejak tahun 2014,” jelas Risdianto.

Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh Pemerintah Provinsi Kaltara pada pelaksanaan Nusantara Expo dan Forum 2016 di antaranya pameran, yang menampilkan produk-produk industri kreatif dan potensi daerah, wisata dan budaya.

Juga dalam Panggung Merah Putih. Di sini Kaltara berpartisipasi menampilkan tarian daerah, tarian yang ditampilkan adalah dari Grup Tari Tiga Tawai Tanjung Selor meski tidak ilombakan. Selain itu Kaltara juga menampilkan Karnaval Budaya, dimana adat budaya daerah dipamerkan.

“Melalui Kegiatan Nusantara Expo dan Forum 2016 ini diharapkan dapat mempromosikan potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Provinsi Kalimatan Utara,” pungkas Risdianto. (PROKAL.CO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here