INSPIRASI BISNIS: Pria Ini Raup Jutaan Rupiah dari Limbah Alam

62
SHARE

BHARATANEWS.ID | Bisnis –  Limbah alam, seperti batang pohon, akar, pelepah pisang dan lain sebagainya, ternyata dapat dimanfaatkan menjadi benda bermanfaat.

Di kampung sasak bubur, desa mekarmukti, cihampelas, kabupaten bandung barat. seorang perajin berhasil mengubah limbah alam menjadi lampion unik, cantik dan bernilai ekonomis. dari hasil karyanya itu, dalam sebulan pengrajin bisa mearup keuntungan jutaan rupiah.

Cantik, unik, bernilai ekonomis inilah lampu lampion hasil karya Rian Ferdiansyah, warga kampung sasak bubur, desa Mekarmukti, Cihampelas, kaupaten bandung barat. Bermodal kreatif dan keuletannya, limbah alam, seperti batang pohon, akar, pelepah pisang, dan lain sebagainya, berhasil dirubahnya menjadi lampu lampion bernilai seni.

Usaha yang sudah berdiri sejak akhir tahun 2015 ini, berawal dari seseorang yang memiliki potensi dibidang seni, bernama cecep sundajati. Saat itu cecep membina sejumlah pemuda disekitarnya untuk membuat kerajinan dengan memanfaatkan limbah alam. Sebelum membuat lampion, rian dan pemuda lainnya hanya membuat asbak dan celengan dari bambu saja. seiring berjalannya waktu, rian dan rekannya pun kemudian mengembangkannya dengan membuat lampion.

“Alat dan bahan yang digunakan pun cukup sederhana, mulai dari limbah batang pohon, pelepah pisang, serutan kayu, kabel dan dudukan lampu, gunting dan lem tembak,” ujra Rian.

Untuk proses pembuatannya, melibatkan tiga orang, dengan membagi tugas sesuai bidangnya. ada yang bagian menganyam pelepah pisang, menyambung batang pohon dengan bahan lainnya, bagian menabur serutan kayu, hingga proses pemasangan lampu.

Hasil karyanya ini, sudah dipasarkan ke beberapa kota besar dan provinsi di Indonesia. seperti Jakarta, Bandung Raya, Garut, Bogor, Kalimantan dan Bali.