Ibu Rumah Tangga Rentan Tertular HIV/AIDS

62
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN– Ibu rumah tangga saat ini rentan terhadap penularan penyakit HIV/AIDS. Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga September 2014, ibu rumah tangga yang terkena HIV/AIDS mencapai 6.539 orang.

Kerentanan ibu rumah tangga tertular HIV/AIDS disebabkan ketimpangan gender yang berdampak pada ketidakmampuan perempuan mengontrol perilaku seksual suami, seperti membeli jasa pekerja seks komersial dan memakai narkoba suntik.

“Para isteri, karena berbagai alasan seringkali tidak berdaya meminta suaminya memakai kondom saat berhubungan seksual. Sehingga tertular virus mematikan ini karena berhubungan seksual dengan suami tanpa alat pelindung,” papar keterangan yang dikutip dari laman Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (25/10/2016).

Menurut laman itu, di 2014 data penderita HIV/AIDS menunjukkan ibu rumah tangga mendominasi jumlah penderita HIV/AIDS di kalangan perempuan. Di Jember, Jawa Timur, misalnya, Dinas Kesehatan setempat mencatat sekitar 30 persen dari 1.433 penderita HIV/AIDS di sana adalah ibu rumah tangga.

Di Kupang, kelompok ibu rumah tangga juga tercatat sebagai kelompok tertinggi pengidap HIV/AIDS, yakni sekitar 15 persen dari total 646 pengidap. Demikian pula di Sumatera Selatan, dari 85 pengidap HI/AIDS di Kabupaten Ogan Komering Ulu, 21 diantaranya adalah ibu rumah tangga.

Dari data Balitbangkes Kemenkes 2014, 54 persen pengidap HIV/AIDS di Indonesia adalah laki-laki dan 29 persennya perempuan. Sekitar 17 persen lagi tidak melaporkan jenis kelamin. Dari 29 persen tersebut, kebanyakan adalah ibu rumah tangga, yakni mencapai 6.539 orang.

“Faktor risiko penularan terbanyak melalui heteroseksual, yaitu 61,5 persen, diikuti penularan melalui kelahiran 2,7 persen,” ujar penjelasan itu.

Sementara perempuan pekerja seks justru lebih menyadari bahaya tertular virus HIV. Mereka cenderung lebih memiliki posisi tawar yang tinggi untuk memaksa pelanggannya memakai kondom.(netralnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here