Gubri Imbau Swasta Turut Kenalkan Wisata Riau

57
SHARE

BHARATANEWS.ID | PARIWISATA – Riau’>Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengajak semua pihak termasuk perusahaan swasta turut aktif mempromosikan pariwisata diRiau ke dunia luar.

Hal tersebut disampaikan Gubri, pada acara Sagu Riau Menyapa Dunia, pemecahan rekor MURI makanan Sagu terbanyak, sejumlah 369 menu, Selasa (25/10/2016), di halaman KantorRiau’>Gubernur Riau, Pekanbaru.

“Kita tengah menggarap pariwisata berbasis budaya di Riau, untuk itu mari kita termasuk perusahaan swasta, untuk ikut mempromosikan wisata Riau ke dunia luar, apalagi kita punya empat sungai besar berpotensi yang memiliki nilai cagar budaya,” ujar Gubri.

Gubri menambahkan kegiatan Sagu menyapa dunia ini, bertujuan untuk memperkenalkan sagu ke dunia, apalagi Riaumerupakan penghasil sagu terbesar tapi masih belum termaksimalkan, yang hanya baru menyerap sekitar 10 persen.

“Coba kita biasakan makan sagu minimal satu hari dalam seminggu makan sagu, berapa ton beras yang bisa kita hemat, jika sehari kebutuhan beras Riau mencapai 2 ribu ton, maka ada sekitar 4 ribu ton beras yang dihemat,” jelas Andi Rachman.

Gubri juga menyampaikan apresiasinya kepada dunia industri besar yang turut memajukan iklim investasi dan pembangunan daerah seperti PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan sejumlah perusahaan lainnya di iven Riau Expo.

Sementara itu, Deputi Direktur RAPP, Rudi Tianda mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membina Usaha Kecil Menengah melalui program Community Development (CD) di Riau.

“Sejalan dengan program Pemprov Riau mengembangkan pariwisata berbasis budaya, kita memiliki program CD dalam membina UKM termasuk usaha makanan khas, berbahan Sagu untuk lebih dikembangkan sehingga memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (TRIBUNNEWS.COM)