Festival Belitung 2016 Diharapkan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

30
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA – Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Tahun 2010-2025.

Selain itu, KEK Tanjung Kelayang yang baru saja diresmikan oleh Presiden melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 juga termasuk dalam 10 (sepuluh) Destinasi Pariwisata Prioritas yang merupakan amanat presiden untuk dikembangkan sampai dengan tahun 2019.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Belitung 2016 yang merupakan bagian dari rangkaian acara Sail Selat Karimata 2016, yang diresmikan langsung oleh Gubernur Rustam Effendi. Hadir dalam pembukaan Festival Belitung 2016 itu antara lain Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin, dan Bupati Belitung Sahani Saleh.

Deputi IV Kemenko Maritim Safri Burhanuddin dalam sambutannya mengharapkan Festival Belitung 2016 ini dapat menambah daya tarik para wisatawan baik itu lokal maupun wisatawan asing untuk datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Belitung.

Guna mempercepat pertumbuhan pariwisata di Belitung ini, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh pemprov maupun Pemda Belitung, yaitu menambah jumlah destinasi, memperbanyak event atau acara-acara unggulan, serta memperbaiki infrastruktur menuju kawasan wisata nasional, ujar Safri.

Belitung dinilai memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan salah satunya Festival Laskar Pelangi, Lomba Mancing, Festival Kuliner, Festival Tanaman Khusus, dan event lain yang bisa digelar sendiri.

Untuk itu Kementerian Koordinator Bidang Maritim akan melakukan rapat khusus dengan Kementerian Pariwisata agar membantu mempromosikan Belitung. Pemerintah juga berupaya untuk menargetkan event daerah Belitung bisa jadi event nasional, bahkan dunia. Hal ini harus diagendakan jauh hari agar mampu menarik investor dunia. Jika terlaksana event ini, diyakini mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang diproyeksikan tumbuh menjadi Rp 2 triliun dari sebelumnya yang hanya Rp 1,2 triliun.

Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi mengajak seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk bahu membahu dalam menonjolkan potensi wisata yang dimiliki Belitung. Pemprov Babel juga akan mengajak masyarakatnya untuk menarik investasi dan juga wisatawan untuk datang ke sini (Belitung) agar jadi devisa buat kita.

Fetival Belitung 2016 sendiri digelar hingga tanggal 25 Oktober 2016. Selain atraksi budaya dan tarian tradisional, juga terdapat pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM), bidang properti dan lain-lain yang diikuti sejumlah perusahaan dan instansi pemerintah provinsi dan kabupaten. (BERITADAERAH.CO.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here