Sekarang, Tayangan Ulang Bisa Anulir Gol

54
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |JAKARTA – Presiden FIGC (Federasi Sepak Bola Italia), Carlo Tavecchio, langsung mengumumkan Italia bakal menjadi pihak yang menerapkan trial penggunaan teknologi baru bernama video assistants referee (VAR).

Penggunaan secara offline pun dilakukan pada laga Serie B di Bari pun dilakukan 1 September lalu, dengan dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Wasit FIFA Bjor Kuipers.

”Kami memiliki semua sumberdaya yang dibutuhkan untuk menerapkan teknologii tu,” kata Tavecchio saat mengumumkan keputusan tersebut seperti dikutip oleh agensi berita ANSA.

Bagi Tavecchio, uji coba teknologi VAR bertujuan untuk menciptakan sebuah pertandingan yang berkualitas, meminimalkan error wasit, sehingga hasilnya bisa lebih fair. Keputusan yang sangat tepat jika mengacu kepada hasil laga AC Milan yang menjamu Juventus di San Siro dinihari kemarin.

Di menit 35, Juventus sempat unggul melalui tendangan bebas Miralem Pjanic yang menghujam ke kiri bawah gawang Gianluigi Donnarumma. Hakim garis Gianluca Carlolato dan Asisten Wasit Davide Massa yang berdiri di belakang gawang Milan, tidak memberikan reaksi apapun sehingga wasit Nicola Rizzoli yang bertugas menyatakan bahwa gol itu sah.

Pjanic pun berselebrasi dengan diiringi pelukan teman-temannya. Adapun para pemain Milan langsung menuju ke arah Rizzoli sembari memprotes keras. Para pemain Rossoneri, sebutan Milan, beranggapan bahwa bek Juventus, Leonardo Bonucci, berada dalam posisi offside. Sekilas, protes tersebut nampaknya hanya akan menjadi sia-sia saja.

Namun, dua menit kemudian, Rizzoli tiba-tiba mengangkat tangannya tanda gol tersebut tidak sah. Kontan saja Pjanic marah besar sehingga Rizzoli menghadiahi playmaker Bosnia-Herzegovina tersebut dengan kartu kuning di menit 37.

Apa yang terjadi? La Stampa pun melansir, Rizzoli mendapat arahan dari operator VAR melalui earphone. Jadi, dalam tayangan ulang, pemain Juventus memang berada dalam posisi offside. Namun, bukan Bonucci, melainkan Medhi Benatia yang berlari duluan menyongsong free kick Pjanic. Bonucci sendiri tidak terjebak offside meski terlihat membelokkan bola.

Andrea Barzagli pun langsung meratap setelah pertandingan. ”Tidak disahkannya gol itu sangatlah menyebalkan,” keluhnya kepada Sky Sport Italia. ”Namun, aku lebih marah karena ada 60 menit, namun kami membiarkannya,” urai pemain 35 tahun tersebut.

Adapun arsitek Bianconeri, sebutan Juve, Massimiliano Allegri, memilih untuk berkomentar bijak. ”Momen ini adalah momen yang suram bagi kami semua,” ulas Allegri via Twitter. ”Namun, hal ini tidak boleh sampai membuat kami drop,” imbuhnya. (radartegal.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here