Sambut Hari Sumpah Pemuda, UI Gelar Olimpiade Alquran

42
0

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Universitas Indonesia (UI) akan menggelar Universitas Indonesia Quranic Olympiad (UIQO) 2016. Kegiatan ini digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Nuansa Islam Mahasiswa (Salam) UI.

Ketua UKM Salam UI Rangga Kusumo menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk membentuk karakter mahasiswa melalui Olimpiade Alquran. “UIQO 2016 bertujuan untuk mendekatkan kembali civitas akademika dengan Alquran. Agar Alquran menjadi inspirasi bagi siapa pun,” ujarnya, Minggu (23/10/2016).

Terlebih menurutnya, seluruh pedoman yang diajarkan di dalam Alquran berkaitan dengan pedoman pembentukan akhlak, mental, dan karakter seseorang. “Kami berharap Alquran bisa menjadi inspirasi bagi siapa pun. Dan UI dapat semakin sejuk dengan lantunan ayat suci Alquran di berbagai sisi kampus,” tuturnya.

Rangga mengklaim, UIQO 2016 adalah event terbesar tahun ini yang adadi kampus UI. Rencananya, kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Generasi Muda Muslim Cendikia yang Maju dengan Alquran” ini akan berlangsung pada 27 Oktober hingga 6 November 2016 di Masjid kampus UI Depok.

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan ini berisi penuansaan nilai Alquran dalam bentuk perlombaan seputar Alquran. Terdapat beberapa cabang-cabang musabaqah, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Hifzhil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah Khaththil Quran, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Alquran, Debat Ilmiah Kandungan Alquran.

“UIQO 2016 ini juga merupakan salah satu upaya kampus untuk menyongsong MTQ MN XV 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Malang (UM),” tuntasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here