Lima Sekolah Ditunjuk Jadi Sekolah Percontohan di Surabaya

59
BERBAGI

BHARATANEWS.ID | PENDIDIKAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menunjuk lima SMA di Surabaya yang akan dijadikan rujukan atau percontohan bagi sekolah lain guna melakukan proyek pemerataan kualitas pendidikan.

Ketua panitia sosialisasi Jonni Sucahyono di sela acara sosialisasi SMA rujukan di Taman Bungkul Surabaya, mengatakan, kelima sekolah yang telah ditunjuk sebagai rujukan bagi sekolah lain, yaitu SMA Negeri 2, SMA Negeri 5, SMA Muhammadiyah 2, SMA Al Hikmah dan SMA Khadijah.

“Di Surabaya saat ini telah ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan sebagai sekolah rujukan. Dahulunya, kelimanya ini merupakan sekolah berbasis internasional atau yang lebih dikenal dengan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI),” katanya.

Ditunjuknya lima sekolah sebagai sekolah rujukan ini, lanjut Jonny, berdasarkan beberapa penilaian. Di antaranya, telah menetapkan kurikulum 2013, telah menggunakan komputer ketika ujian nasional, nilai ujian nasional di atas rata-rata, memiliki integritas baik serta dalam lima tahun terakhir rata-rata hasil ujian nasionalnya baik.

Dari beberapa indikator tersebut, lantas disematkan sekolah rujukan yang tidak hanya di Surabaya. Tetapi juga banyak sekolah lainnya tersebar di Indonesia.

“Ditunjuknya sekolah rujukan ini, guna meningkatkan mutu kegiatan pembelajaran bagi sekolah yang lain. Mereka dapat menularkan ke beberapa sekolah, sehingga kualitas pendidikan bisa merata, karena itu, kami mengadakan sosialisasi di Taman Bungkul,” paparnya.

Tidak asal mengadakan sosialisasi saja, pada acara tersebut juga dijadikan ajang menyamakan misi di antara lima sekolah yang telah ditunjuk, serta berkomitmen guna bersama-sama saling melengkapi demi memajukan dunia pendidikan.

“Sebenarnya bisa kami lakukan sosialisasi sendiri, tetapi kita berpikir untuk mengesampingkan kepentingan masing-masing sekolah. Demi menjadi sekolah rujukan,” kata guru SMA Negeri 2 tersebut.(News.okezone.com)