Kementerian PUPR Siapkan Teknologi Khusus Pembangunan Jembatan

42
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mendorong penggunaan teknologi Jembatan Untuk Desa (Judesa) oleh pemerintah daerah. Teknologi ini diyakini dapat dimanfaatkan untuk membuka keterisoliran desa-desa terpencil.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga mengungkapkan, saat ini masih terdapat desa-desa terpencil yang dipisahkan oleh sungai. Namun, pemerintah masih kesulitan untuk membangun jembatan penghubung karena terkendala beberapa hal. Diantaranya adalah dana dan topografi wilayah.

Untuk itu, Kementerian PUPR memutuskan untuk membangun jembatan dengan pemenfaatan teknologi Judesa. Melalui teknologi ini, pembangunan jembatan akan lebih fleksibel dan ekonomis.

“Material Judesa merupakan hasil pre pabrikasi yang dapat disiapkan terlebih dahulu sebelum dikirim ke lokasi, sehingga membuat waktu pengerjaan jembatan lebih cepat. Sistem jembatan yang modular juga menambah kemudahan pembangunan dengan swadaya masyarakat,” ujar Danis dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/10/2016).

Di samping itu, lanjutnya, tahap pembangunan jembatan dengan teknologi ini akan dilakukan satu arah atau dari satu sisi sungai. Beberapa komponen jembatan pun juga didisain sedemikian rupa sehingga mengurangi biaya material struktur jembatan seperti penggunaan tiang tunggal. Dengan demikian, teknologi ini cocok untuk membuka jalur perintis dan mengurangi pengangkutan material untuk menyeberangi sungai.

Untuk diketahui, pada tahun lalu, Kementerian PUPR telah meresmikan Judesa pertama di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jembatan ini menggabungkan 2 desa, yaitu Desa Cihawuk dan Desa Cibeureum.

Jembatan tersebut mempunyai panjang bentang 42 meter dan lebar 1,80 meter untuk dilalui pejalan kaki dan sepeda motor. Jembatan ini dibangun selama dua bulan dan menelan biaya sebesar sebesar Rp370 juta.

(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here