Kota Bogor Miliki Taman Biologi

27
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | Bogor – Minimnya taman belajar yang ada di Bogor, tentunya harus menjadi perhatian penting seluruh sektor. Taman yang difungsikan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, baik bagi siswa sekolah dan komunitas masyarakat ini bisa jadi penopang kemajuan daerah.

Untuk itu, Seameo Biotrop secara resmi membuat Taman Belajar Masyarakat (Community Learning Park) yang berlokasi di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor. Melalui program tersebut, siswa dan masyarakat luas tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, juga dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan.

“Program Taman Belajar Masyarakat ini juga menjadi salah satu implementasi dari tujuh Prioritas Program Seameo, yaitu breaking barriers to inclusiveness atau mengatasi kendala inklusi,” ujar Direktur Seameo Biotrop,  Irdika Mansur, Rabu (5/10).

Sebagai salah satu dari 21 pusat regional yang dinaungi oleh Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMEO), Seameo Biotrop bertekad menjadi pusat terkemuka dalam memperkaya dan mempromosikan nilai nyata Biologi Tropika di Asia Tenggara yang tertuang dalam Rencana Lima Tahunan yang Kesembilan (2012-2017).

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kami telah berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta di tingkat nasional, regional, dan internasional dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan SDM, pertukaran informasi, dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Sebagai lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Seameo Biotrop terus berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah, khususnya di bidang biologi.

Melalui program Taman Belajar Masyarakat, siswa dan masyarakat dapat berkunjung, belajar dan mencoba mengaplikasikan teknologi yang dihasilkan, di bawah bimbingan para ahli dan teknisi SEAMEO BIOTROP.

“Kami bertekad untuk terus menyebarluaskan hasil-hasil riset, produk dan teknologi yang relevan bagi pendidikan dasar dan menengah, termasuk bagi pendidikan siswa-siswa berkebutuhan khusus,” tukasnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya berharap, Seameo Biotrop terus aktif berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Kota Bogor.

“Saya mendengar Seameo Biotrop juga baru memulai program Kebun Sekolah untuk kepentingan Literasi, Nutrisi dan Kewirausahaan siswa/sekolah. Semoga lebih banyak sekolah lagi dari Kota Bogor yang ikut serta dalam program-program ini,” kata Bima.(BeritaSatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here