Yakin Ada Anggota yang Dukung Agus, Panglima Minta Prajurit Tetap Netral

54
BERBAGI

BHARATANEWS.ID | Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono memutuskan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 sebagai calon gubernur. Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon mekanis 203/Arya Kemuning di jajaran Kodam Jaya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, secara psikologis pasti ada prajurit yang mendukung pencalonan Agus di pilkada ini. Gatot pun langsung mengumpulkan para panglima untuk menyampaikan pesan netralitas TNI agar disampaikan kepada seluruh prajurit.

“Justru mantan Mayor Agus adalah Komandan Batalyon di Tangerang, dekat Jakarta. Maka secara psikologis pasti ada prajurit yang simpati untuk mendukungnya,” ujar Gatot usai upacara peringatan HUT TNI ke-71 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2016).

“Begitu saya mendengar, membaca surat kemunduran Mayor Agus, saya kumpulkan semua Panglima di Cimahi. Dan saya perintahkan untuk netral, berpihak pada keamanan. Dan saya sampaikan kepada panglima sampai ke prajurit yang paling terendah supaya mereka untuk paham betul apa itu netral. Kemudian melakukan pengawasan,” tambahnya.

Menurut Gatot, pengawasan ini juga dapat dilakukan oleh masyarakat. Gatot meminta masyarakat untuk turut melaporkan bila menemui anggota TNI yang tidak netral.

Sebab TNI dalam pelaksanaan pilkada serentak 2017 ini berperan dalam menjaga keamanan bersama Kepolisian RI. Laporan itu dapat disampaikan kepada institusi terdekat.

“Kepada masyarakat saya mohon bantuan, untuk mengawasi TNI dalam melaksanakan tugas BKO Polri, dalam pelaksanaan pilkada. Apabila ada anggota TNI yang terindikasi berbuat tidak netral, tolong laporkan ke instansi terdekat (seperti) Koramil, Kodim, Pos POM, dan sebagainya dengan indentitas yang jelas apa yang dilakukan, pasti TNI akan melakukan proses penyidikan dan penyelidikan kasus itu,” ujar Gatot.
(detik.com)