NTB Siapkan Pulau Moyo Jadi Taman Nasional

63
0
BHARATANEWS.ID | NASIONAL –¬†Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat tengah dalam proses persiapan pembentukan Taman Nasional Moyo I.
Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA NTB Lugi Hartanto mengatakan sudah ada 31.000 hektar lahan yang disiapkan untuk mendukung pembentukan taman nasiobal tersebut.
“Taman Nasional Moyo I ada 31.000 hektar yang tahun depan mudah-mudahan sudah bisa dilaunching. Ini tentunya butuh dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah,” ujar Lugi dalam konferensi pers di Mataram, Selasa (4/10/2016).
Menurut Lugi, pembentukan taman nasional tersebut agar kawasan Pulau Moyo dapat lebih dikelola dengan lebih terperinci dan tertata. Selain itu, menurut Lugi pengelolaan secara in-situ dinilai dapat lebih fokus terhadap kondisi lingkungan alam sekitar.
“Moyo punya banyak potensi misalnya air terjun. Untuk itu pengelolaan akan dilakukan secara in-situ dengan melibatkan unit khusus,” ujar Lugi.
Pulau Moyo terdapat di sebelah utara Pulau Sumbawa dengan luas 350 km2 dengan ketinggian maksimum 671 meter dan garis pantai sepanjang 88 km.

Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Saat ini potensi pulau Moyo yang baru dikembangkan sebagai Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo dan Taman Buru Pulau Moyo.(Traveling.bisnis.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here