Jaksa: Keterangan Suami Mirna Bernilai Fakta

59
BERBAGI

BHARATANEWS.ID | KRIMINAL – Jaksa Penuntut Umum yang menangani perkara dugaan pembunuhan berencana I Wayan Mirna membangun kontruksi bahwa keterangan suami Mirna, Arief Sumarko, bernilai materiil pembuktian pidana.

Padahal, kesaksian Arief yang diberikan dalam persidangan hanya cerita dari Mirna. Sehingga, Arief tidaklah dapat dikategorikan sebagai saksi fakta.

Sebab, ia bukanlah pihak langsung yang mendengar, melihat Jessica Kumala Wongso curhat kepada Mirna atas kekasihnya bernama Patrick seorang pecandu narkoba.

Namun, bagi Jaksa Ardito yang menyusun tuntutan untuk Jessica, bahwa keterangan saksi yang melihat dan mendengar tidak lagi relevan.

“Karena Mahkamah Konstitusi sudah membuat keputusan yang memperluas ketentuan saksi.”

“Bahwa saksi tidak harus berdasarkan orang yang mengalami secara langsung dan mendengar secara langsung. Atas itulah kesaksian saudara Arief Sumarko layak diterima,” tuturnya saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/10).

Kemudian, Jaksa Ardito juga membangun kontruksi melalui pendapat ahli hukum atau doktrin bahwa keterangan ahli bernilai sama dengan saksi fakta.

“Keterangan ahli dapat  membuktikan sesuatu hal dan dalam persidangan ini keterangan saksi ahli yang berbeda bidang adalah saling melengkapi untuk membuktikan kematian Mirna,” jelas Ardito.

Sebelumnya, Anggota Majelis Hakim Binsar pernah menyebutkan, bahwa alat bukti yang diajukan oleh Jaksa tidak menggigit.

Terbukti sebagian besar saksi-saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum adalah kebanyakan adalah saksi ahli dibandingakan saksi fakta. (Bisma Rizal/Bus)(skalanews)