Waspada, Tindak Kriminal di Kendaraan Umum!

72
0

BHARATANEWS.ID | KRIMINAL – Banyaknya kejahatan di jalan raya semakin mengkhawatirkan, terutama yang terjadi pada penumpang angkutan umum serta taksi yang belakangan ini heboh dibicarakan.

Bukannya menakut-nakuti, tapi ada baiknya jika kita waspada dan menjaga diri kita agar terhindar dari bahaya-bahaya itu. Berikut beberapa kiat untuk menghindari kejahatan di jalan raya.

Kejahatan seperti pencopetan sangatlah sering terjadi di dalam angkutan umum. Pertama-tama, kita dapat mencegah aksi pencopetan dengan cara tidak memakai perhiasan dan aksesori berharga yang mencolok. Saat menaiki angkutan umum, simpan saja aksesori berharga seperti perhiasan dan jam tangan Anda di dalam tas.

Simpan benda-benda berharga Anda di tempat yang sulit dijangkau termasuk dompet dan telepon genggam, misalnya di kantong beritsleting di dalam tas atau bisa juga di dalam saku bagian dalam jaket yang beritsleting atau berkancing. Hindari mengeluarkan telepon genggam di dalam angkutan umum dan jangan lupa untuk selalu menaruh tas di depan Anda agar tidak lepas dari pandangan.

Bukan bermaksud berprasangka buruk, namun demi keselamatan Anda, perhatikan dan waspadai orang-orang yang duduk atau berdiri di sekitar Anda. Pegang erat tas Anda, bila orang yang duduk di sebelah Anda membawa tas besar atau menutupi tangan dengan jaket. Pindahlah dari tempat duduk Anda dan terus waspadai orang itu.

Hal-hal lain yang perlu Anda ingat dan waspadai adalah:

– Pilih angkutan umum yang memiliki kaca bening, sehingga apa pun yang terjadi di dalam bisa terlihat dari luar.

– Hindari tidur di dalam angkutan umum, apalagi bila Anda pergi sendirian.

– Jangan melamun, fokuslah pada rute angkutan umum yang Anda naiki. Bila rute berubah dan mengarah ke jalanan yang sepi segeralah turun.

– Bila ada sesuatu atau seseorang yang mencurigakan dan situasi sangat tidak nyaman, segeralah turun.

(tabloidbintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here