Unik, Begini Lho Cara Netralisir Aroma & Rasa Kopi

107
0

BHARATANEWS.ID | UNIK – KOPI tampaknya cocok disebut sebagai minuman universal. Layaknya wine, kopi juga memiliki karakteristik rasanya masing-masing. Untuk membedakannya tentu harus dicicipi, agar aroma dan rasanya tidak campur aduk, ada cara untuk menetralisir aroma dan rasa kopi di lidah.

Mencicipi beberapa jenis kopi dalam satu waktu pastilah membuat bingung, apalagi bagi pecinta kopi pemula yang hampir menilai semua kopi rasanya sama. Sendy selaku barista sekaligus Q grader Djournal Coffee, Jakarta mengatakan agak sulit ketika membedakan aroma kopi dari beberapa jenis yang berbeda. Misalnya pada sesi public cupping ada cara untuk membuat hidung kembali normal dan netral usai menghirup aroma kopi sebelum menghirup aroma kopi berikutnya.

“Sudah cium sampel kopi 1 lalu selanjutnya ke sampel kopi 2. Caranya agar aromanya tidak bercampur adalah dengan menghirup aroma badan terlebih dulu. Cium sampel satu, nilai, lalu cium aroma tubuh baru lanjut cium sampel kedua. Begitu seterusnya,” jelas Sendy saat ditemui Okezone di Jakarta.

Sementara untuk menetralisir rasa kopi ada juga cara yang bisa dilakukan yakni menggunakan air liur atau sparkling water. “Sebelum mencicipi sampel kedua, mulut harus dinetralkan terlebih dulu. Caranya produksi air liur dalam jumlah banyak lalu bilas seluruh bagian mulut, nanti lidah akan kembali netral. Atau cara simpelnya pakai sparkling water, minum sedikit sparkling water, seketika rasa kopi pertama akan hilang,” beber Sendy.

Bagi penggila kopi, cairan pekat ini memiliki aroma dan rasa yang berbeda pada setiap jenis dan asalnya. Perbedaan ini yang membuat kopi memiliki rasa yang beragam mulai dari sensasi rasa fruity, acidity, floral, herbal hingga nutty.

(ndr)(lifestyle.okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here