Festival Animasi Internasional Kembali Digelar di Cimahi

74
0

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL –  Bagi Anda para pecinta animasi, siap-siap berpesta. Baros International Animation Festival (BIAF) akan segera digelar lagi di Baros, Cimahi.

Ada yang sedikit berbeda dari BIAF tahun ini dibandingkan sebelumnya. Sebelum digelar, sebulan sebelumnya diadakan Roadshow BIAF 2016 from Baros to Kudus.

“Ini adalah rangkaian dari BIAF 2016 yang tujuannya adalah untuk mensosialisasikan BIAF 2016 dan membangun kemitraan dengan Universitas dalam mengembangkan SDM di bidang animasi,” kata Chairman Cimahi Creative Association (CCA) Rudy Sutedja via email, Selasa (4/10/2016).

Pada BIAF kali ini, CCA selaku penyelenggara acara, menggandeng Djarum Foundation Bakti Pendidikan yang berkomitmen mengembangkan SDM Animasi. Ada 7 kota yang disinggahi, dimulai dari Baros Cimahi, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang dan berakhir di Kudus, dimulai pada 2-8 Oktober 2016.

“Di setiap kota yang disinggahi akan ada kegiatan seminar atau workshop animasi yang bekerja sama dengan Universitas atau Politeknik,” kata Rudy.

Universitas atau Politeknik tersebut antara lain Politeknik Triguna Tasikmalaya, Amikon Purwokerto, Amikom Yogyakarta, ISI Solo, Universitas Negeri Semarang, dan SMK Animasi Raden Umar Said Kudus.

BIAF 2016 sendiri akan diselenggarakan pada 17-20 November 2016, bertempat di Cimahi Technopark Kota Cimahi. Acara yang digelar yang keempat kalinya ini seperti biasanya akan menghadirkan para jagoan animasi kelas dunia.

Setidaknya akan ada 20 instruktur, pembicara talkshow, dan panelis portofolio review yang datang dari 16 negara, di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Polandia, Belanda, Korea, India, Malaysia, Thailand, Singapore, dan masih banyak lagi.

Jika melihat dari gelaran di tahun sebelumnya, BIAF memang selalu bertabur para jago animasi. Dari dalam negeri, nama-nama seperti Rini Sugiarto yang terlibat dalam film Tintin, Roni Gani di film Transformers dan Pacific Rim serta Andre Surya nominator festival film di Vimeo Amerika Serikat, menjadi magnet untuk diserap ilmunya di BIAF tahun-tahun sebelumnya.

Itu belum ditambah para jago animasi dari negara lainnya. Penasaran, kira-kira siapa saja yang akan dihadirkan di BIAF 2016? Nantikan saja kabar terbaru dari BIAF 2016. (rns/rou) (inet.detik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here