AMCF Selenggarakan Operasi Katarak Mata di Sumedang

48
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |  SUMEDANG – Asia Moslem Charity Foundation (AMCF) menggelar kegiatan Penyuluhan, Pengobatan dan Perawatan Penderita gangguan pada Masyarakat Prioritas Penyakit Katarak, Senin (3/102016) di Cataract Centre Jl. Cipadung, Sumedang Utara, Jawa Barat.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama AMCF bersama RSUDSumedang, Puskesmas dan RS Mata Cicendo Bandung.

Untuk pasien katarak mata yang terdaftar di Cataract CentreSumedang berjumlah 121 pasien berasal dari 34 puskesmas di Kabupaten Sumedang. Operasi ini dipimpin oleh dr. Mayang yang terdiri dari 6 dokter, 2 perawat, dan 5 non medisa dari RS Mata Cicendo dibantu tenaga non medis dari beberapa puskesmas diSumedang.

Katarak Mata merupakan suatu jenis penyakit mata yang dicirikan dengan adanya noda putih seperti awan pada lensa mata. Penderita penyakit mata katarak banyak didera di negara-negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia, bahkan di Indonesia sendiri penderita katarak telah mencapai 2.000.000 orang dan akan terus bertambah 240.000 jiwa per tahunnya.

Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan permanen. Hal tersebut didukung oleh faktor usia, radiasi dari sinar ultraviolet, kurangnya gizi dan vitamin serta faktor tingkat kesehatan dan penyakit yang diderita.

Penderita katarak akan mengalami gejala-gejala umum seperti penglihatan mulai kabur, kurang peka dalam menangkap cahaya sehingga cahaya yang dilihat hanya berbentuk lingkaran semu, lambat laun akan terlihat seperti noda keruh berwarna putih di bagian tengah lensa, kemudian penderita katarak ini akan sulit menerima cahaya untuk mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina.

Penyakit Katarak pada umumnya diderita oleh mereka yang telah berusia lanjut diatas usia 50 tahun keatas, namun tak menutup kemungkinan katarak dapat didera oleh bayi yang baru lahir karena cacat bawaan, mungkin dikarenakan oleh sang ibu teridentifikasi suatu virus ( rubella ) di masa kehamilannya.

Untuk kedua kalinya AMCF menyelenggarakan operasi katarakmata. Sebelumnya telah diselenggarakan operasi katarak mata di Garut pada tanggal 23 Agustus 2016, dengan jumlah peserta sebanyak 86 penderita.

Dan setelah di Sumedang, AMCF berencana mengadakan operasi yg serupa tanggal 18 Oktober 2016, menurut koordinator tim AMCF, Taufan Darmawan.

“AMCF adalah lembaga sosial nirlaba nonpolitik yang berkantor pusat di Jakarta. Kegiatan lembaga ini meliputi kegiatan kegiatan sosial, kesehatan, pendidikan, kemanusiaan dan keagamaan. Lembaga ini sudah berjalan sejak 1992,” Kata  salah satu pendiri dan pembina AMCF, Arief Darmawan.  (tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here