Militan Serang Kamp Militer India di Kashmir

53
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Gerilyawan menyerang sebuah kamp militer India di kota Baramulla, Kashmir bagian India, Minggu 2 Oktober malam. Serangan itu dikonfirmasi kepala polisi zona Kashmir seperti dikutip CNN, Senin (3/9/2016).

“Baku tembak sengit sedang berlangsung di kota yang berjarak sekitar 54 kilometer utara Srinagar, ibukota Kashmir yang dikuasai India,” kata Kepala Polisi S.J.M. Gillani.

Departemen Pertahanan India juga merilis pernyataan singkat bahwa “teroris” telah menembaki kamp tanpa menyebutkan detail lebih lanjut.

India telah mengungsikan lebih dari 10.000 penduduk dari seluruh daerah perbatasan Kashmir menyusul ketegangan yang meningkat dengan Pakistan. Kedua negara terlibat baku tembak Sabtu 1 Oktober pagi, dan saling menuduh telah melakukan provokasi.

Kashmir, wilayah mayoritas Muslim, telah menjadi wilayah perebutan antara India dan Pakistan selama 70 tahun terakhir.

Kedua negara masing-masing menguasai setengah bagian dari wilayah terpisah itu dan telah bertempur dua kali pada 1947 dan 1965. Mereka nyaris berperang ketiga kalinya di tahun 1999.

Berbicara kepada CNN pada Kamis 9 September, penduduk Kashmir bagian India, Mushtaq Ahmad Chaudhary, mengatakan warga perbatasan tidak pernah melupakan kengerian dari hujan tembakan meriam dan peluru di komunitas mereka.

“Perkembangan terbaru telah menciptakan ketakutan dan ketegangan yang dapat memicu duel artileri lintas perbatasan seperti tahun 1990-an, ketika beberapa penduduk desa tewas dan terluka,” kata Chaudhary.(metronews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here