Pemkot Bogor Segera Bangun Tugu Cinta

54
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, akan membangun Tugu Cinta (simbol berupa hati, Love) sebagai simbol kecintaan warga terhadap kotanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Bogor, Selasa (31/8/2016), menyebutkan simbol hati tersebut sebagai bentuk pengukuhan atas kemenangan Kota Bogor dalam kampanye global “We Love Cities” yang diinisiasi oleh WWF.

“Landmark yang dibuat harus memiliki konseptual yang bisa memperlihatkan karakter dari Kota Bogor sebagai kota yang paling dicintai warganya,” katanya.

Menurut Bima, simbol cinta ini akan dibangun di 12 taman tematik yang dimiliki Kota Bogor, dan tujuh gerbang selamat datang. Pembuatan simbol juga disayembarakan, sesuai dengan arahan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Simbol dibuat berbagai tema yang menunjukkan identitas dan sejarah Kota Bogor,” ujarnya.

Kasubbag Pengendalian Administrasi dan Pembinaan Pembangunan, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Hilman Haerudin mengatakan, sebagai kota yang paling dicintai tidak hanya dari ucapan saja tetapi harus juga terlihat kasat mata bentuk dari cinta warga kepada kotanya.

Ia menjelaskan, 12 taman yang sudah ada di Kota Bogor akan diberi tema. Beberapa di antaranya yakni kota cinta, kota pintar, kota heritage, kota olahraga dan tema-tema lainnya yang masih bisa berubah-ubah.

“Kita berharap pembangunan landmark dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan dan dapat dilihat warga Kota Bogor dan masyarakat luas, bahwa Bogor sangat dicintai warganya melalui simbol-simbol tersebut,” kata Hilman.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Bappeda Kota Bogor, Lorina Darmastuti mengatakan, pembangunan “landmark lovable city” direncanakan dapat dilakukan tahun depan dengan anggaran berasal dari APBD perubahan dan dana CSR perusahaan.

“Terkait anggaran belum diketahui karena belum ada DED. Tahun ini baru perencanaan, tahun depan diharapkan pembangunan sudah bisa dimulai,” ujar Lorina.

Lorina menambahkan, kehadiran simbol cinta di 12 taman dan tujuh gerbang selamat datang dapat menarik lebih banyak investasi luar yang akan mendorong pertumbuhan Kota Bogor.

Juni 2016 lalu Kota Bogor berhasil memenangkan perlombaan kampanye global “We Love CITIES” mengalahkan Balikpapan, DKI Jakarta dan Kota Paris, Prancis dengan meraih predikat sebagai “The Most Lovable City” atau kota paling dicintai.

Adapun 12 taman yang akan dibangun simbol cinta yakni Taman depan Terminal Baranangsiang, Taman depan Rumah Dinas Walikota, Taman depan mal BTM, Taman pertigaan Jalan Ir. H. Juanda – Jalan Kapten Muslihat, Taman segitiga depan Lippo Plaza Bogor, Median jalan R3 (Pintu Masuk Villa Duta), Taman segitiga Lawanggintung (Mbah Dalem), Taman Air Mancur, Taman segitiga Jalan Ir. Sholeh Iskandar (depan Auto 2000), Taman perempatan Semplak – Bubulak dan Taman pintu BORR (Tugu Narkoba).

Sedangkan tujuh gerbang selama datang yakni tugu selamat datang Ciawi, tugu selamat datang Cianjur, tugu selamat datang Kedunghalang, tugu selamat datang Salabenda, tugu selamat datang Dramaga, tugu selamat datang perbatasan Pamoyanan dan tugu selamat datang perbatasan Cikaret. (rimanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here