Mengenal Turis yang Datang ke Indonesia Naik Yacht

34
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Salah satu cara turis berpergian ke suatu destinasi adalah naik yacht, semacam kapal layar. Yang datang ke Indonesia, berasal darimana dan ngapain saja ya?

“Hingga Juli 2016, sudah 1.500 yacht datang ke Indonesia. Kebanyakan datangnya ke Bintan dan Batam,” kata Menteri Pariwisata Arif Yahya dalam acara Anugerah Pesona Wisata Bahari Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (30/8/2016) malam.

Arief menjelaskan, kebanyakan turis yang datang ke Indonesia naik yacht berasal dari Singapura dan Australia. Turis yang berasal dari dua negara itu, masing-masing punya tipikal yang berbeda dan berbeda pula tujuan destinasinya di Indonesia.

“Dari Singapura itu ke Batam. Kalau dari Australia, dari Darwin itu ke timur Indonesia sampai Papua,” terang Arief.

Sekali kunjungan, turis yang datang naik yacht bisa mencapai waktu satu bulan lamanya. Mereka pun tak hanya bermain di pantai atau menyelam, tapi juga mampir ke berbagai destinasi yang ada di tempat tujuannya. Ada yang trekking, sampai wisata sejarah.

Indonesia memiliki 18 pelabuhan yang menjadi pintu masuk yacht. Selain di Bintan dan Batam, Pelabuhan lain yang ramai didatangi yacht ada di Jakarta, Bali (Benoa), Kupang dan Kumai di Kalimantan Tengah.

“Turis yang naik yacht itu spending uangnya besar sampai Rp 1 M. Kita harus mempermudah mereka untuk datang ke Indonesia,” tutup Arief. (detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here