Inilah Para Penulis Terbaik Wisata Bahari 2016

30
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Kementerian Pariwisata baru saja menggelar lomba jurnalistik Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016. Inilah para pemenangnya, selamat!

Anugerah Pesona Bahari Indonesia merupakan ajang lomba tulis bagi para wartawan se-Indonesia. Sesuai namanya, temanya menyangkut seputar wisata bahari di Nusantara.

Terdapat 3 kategori yang dilombakan yakni untuk media koran, majalah dan online. Nantinya terpilih 15 pemenang yaitu juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 sampai 2. Total hadiah yang diperebutkan sebanyak Rp 500 juta!

“Total artikel yang masuk sebanyak 367 artikel. 93 Dari koran, 61 dari majalah dan 213 dari media online. Lebih banyak jumlah artikel tahun lalu sebanyak 209 artikel,” kata Ketua Panitia Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016, Tri Wibowo dalam acara Anugerah Pesona Bahari Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedungg Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (30/8/2016) malam.

Untuk kategori media online, juara 3 sampai juara 1 masing-masing diraih oleh Edi Sutrisno dari beritakepri.com dengan judul ‘Serasan, Pendar Terpendam di Ujung Utara’, Ronny Adolof dari kompas.com dengan judul ‘Magnet Wisata Bahari di Tapal Batas Itu Bernama Miangas’ dan I Nengah Muliarta dengan judul ‘Mengintip Potensi Bawah Laut di Nusa Penida’.

Untuk kategori koran, juara 3 sampai juara 1 masing-masing diraih oleh Iis Zatnika dari Harian Media Indonesia dengan judul ‘Jamuan Alam di Teluk Triton’, Winda Destiana dari Harian Republika dengan judul ‘Mengejar Bono’ dan Ami Hermawan dari Media Koran dengan judul ‘Cantiknya Tanjung Kelayang Wisman Pun Mabuk Kepayang’.

Untuk kategori majalah, juara 3 sampai juara 1 masing-masing diraih oleh Yogi Wirawan dari Majalah Travel Club dengan judul ‘Gugusan Pulau Kecil Nan Cantik, Bernama Pulau Pengabatang’, Lukmanul Hakim dari Travel Club dengan judul ‘Tanjung Lesung Pantai Istimewa di Ujung Jawa’ dan Titik Kartitiani dari National Geographic dengan judul ‘Menumpang Pinisi Menghampiri Banggai’.

Dewan juri pada ajang ini berasla dari instansi pemerintah dan pakar pariwisata. Beberapa di antaranya seperti Esthy Reko Astuti sebagai Deputi pengembangan Pemasaran pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Raymond T Lesmana dari praktisi wisata bahari dan Didien Junaedy sebagai Ketua GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia).

Juara 3 sampai juara 1 mendapatkan uang tunai sebanyak Rp 20 juta, Rp 30 juta dan Rp 40 juta. Sedangkan juata harapan 2 dan 1 masing-masing mendapatkan Rp 5 juta dan Rp 10 juta. Satu lagi kategori Best of The Best berhak untuk Rp 100 juta yakni Abdullah Deurima dari kilasmaluku.com dengan judul ‘Berdamai dengan Ikan di Perairan Koon Maluku.

“Selamat untuk para pemenang. Ini adalah apreasiasi untuk wartawan Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. (detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here