Hati-Hati, Wanita Muda dan Langsing pun Berisiko Idap Diabetes

41
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Selama ini kita mungkin cenderung berpikir, diabetes hanya akan terjadi pada seseorang dengan obesitas. Padahal, dalam beberapa kasus yang ada, beberapa wanita langsing dan muda juga mengalami diabetes tipe 2.

Seperti penuturan Stephanie Yi (29), wanita ini memiliki tubuh ideal. Berat tubuhnya 54 kilogram dengan tinggi sekitar 154 cm. Untuk mendapatkan tubuhnya, Yi mengatakan selalu rutin konsumsi salad bayam walaupun ia menyukai makanan manis.

Hingga dua tahun lalu, kisahnya seolah menjadi mimpi buruk. Dia mengalami kelelahan kronis, bahkan untuk masuk kampus saja rasanya lesu. Awalnya, dokter menduga dia mengalami ketidakseimbangan tiroid. Namun tes darah beberapa hari kemudian menunjukkan, dia menderita prediabetes dan berisiko tinggi mengidap diabetes tipe 2.

“Aku hanya tertegun. Setiap orang tentu menghindarinya dan aku telah melakukan hidup sehat sebisaku,” katanya, seperti ditulis Dailymail, Selasa (30/8/2016).

Hal serupa juga dialami Corinne Waigand (30). Dia secara teratur melewatkan sarapan mengonsumsi sejenis minuman ringan berkarbonasi, Mountain Dew, sebagai pengganti makan siang. Seusai kuliah, ia memanjakan dirinya dengan makan kue, pasta, keripik dan semua makanan ringan di pesta teman-temannya. Meski begitu, tubuhnya tetap ramping.  Dia memiliki berat 74 kilogram dengan tinggi sekitar 170 cm.

“Sedari kecil, aku tak pernah gemuk, apalagi obesitas. Tetapi kebiasaan aku sepertinya justru menyebabkan tingginya produksi insulin,” ungkapnya.

Corinne didiagnosis diabetes tipe 2 dua tahun lalu. Seperti Stephanie, dia kaget. “Saya tidak cocok dengan deskripsi fisik seseorang dengan tipe 2. Aku punya beberapa kebiasaan makan yang buruk, tapi itu tidak mencerminkan tubuh saya.”

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika (CDC) memperkirakan, satu dari sembilan orang dewasa memiliki diabetes. Dan risiko penyakit ini akan terus berkembang. Bahkan pada 2050 diprediksi satu dari tiga orang akan menderita diabetes.

Yang paling mengejutkan, jumlah rawat inap terkait diabetes di usia 30-an terus meningkat di mana wanita 1,3 kali lipat lebih banyak ketimbang laki-laki. Jumlah prediabetes juga meninggi atau sekitar 65 juta–naik dari 57 juta pada 2007. (liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here