Dokter Budi Bantu Anak Raih Cita-Cita dengan Imunisasi Gigi

53
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Cita-cita harus kandas sebelum berusaha itu perih rasanya. Hal yang sama pun dirasakan dokter gigi Budi Rukhiyat kala mendengar anak muda di sekitarnya tak bisa jadi pilot atau tentara gara-gara gigi berlubang.

“Kalau anak-anak SD giginya sudah hancur, apalagi gigi geraham wah… Padahal gigi penting sekali untuk masuk ke angkatan laut. Kalau gigi rusak, ribut dia, hancur mimpi-mimpinya,” kata Budi saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta pada acara Nakes Teladan 2016.

Tak ingin gigi anak-anak di wilayah kerjanya–Puskesmas Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan– rusak dan bisa mengandaskan cita-cita mereka, dokter Budi mencetuskan ide program imunisasi gigi di 2015.

“Ini inovasi simpel saja dan sebenarnya sudah ada di dalam dunia kedokteran yakni mengoleskan flour ke lapisan gigi. Sifatnya sih preventif untuk mencegah gigi berlubang,” tutur dokter gigi lulusan Universitas Swasta di Yogyakarta ini kepada Health-Liputan6.com.

Sejak 2016, program imunisasi gigi pun berjalan di sekolah-sekolah dasar di sana. Targetnya, anak-anak kelas empat hingga enam SD.

“Jadi kami jemput bola, mendatangi sekolah-sekolah. Diawali dengan sikat gigi massal nah sesudahnya dengan imunisasi gigi,” kata dokter kelahiran 1987 ini.

Dengan cara ini, dokter Budi bisa sekaligus memberikan informasi mengenai cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Diharapkan anak-anak di desa terpencil seperti di wilayah kerjanya bebas dari karies gigi.

“Walaupun anak-anak ini berasal dari daerah terpencil, kami usahakan bebas karies gigi,” tutur dokter Budi semangat. (liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here