Yah… Penjualan Barang Elektronik di Bogor Kurang Dilirik

66
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Saat ini situasi ekonomi mulai membaik. Beberapa lini bisnis mengalami pertumbuhan meski tidak terlalu signifikan. Tapi tidak dengan bisnis elektronik.

Di Bogor sendiri, penjualan barang-barang elektronik tidak mengalami peningkatan, cenderung stagnan terutama toko atau gerai yang masih bersifat tradisional.

Perwakilan Toko Sinar Berlian, Wawan mengatakan, penjualan barang-barang elektronik saat ini tidak ada perkembangan signifikan. Meski harga pengambilan masih stabil, untuk penjualan tidak ada perubahan, bahkan cenderung menurun.

“Kalau rata-rata tiap bulan stabil. Tapi dilihat tiap hari sih, menurun,” ungkap Wawan.

Wawan mengakui meski penurunan tak besar ada di kisaran 10 – 15 persen. Mereka harus memilih barang elektronik atau kebutuhan pokok seperti makan, dengan kondisi keuangan yang tak baik.

“Penurunan penjualan terjadi dari  Ramadan. Biasanya mau Lebaran, banyak yang cari barang. Ini tidak, karena kebutuhan sekolah, makan. Gaji yang diterima tidak cukup,” terang Wawan.

Hal lain yang mempengaruhi penjualan elektronik stagnan, dari jenis elektronik tidak banyak penawaran produk baru. Masih dengan stok dan jenis serta tipe lama.

Tak berbeda dengan Wawan, Ko Ahen salah satu pedagang elektronik di kawasan Surya Kencana juga mengatakan hal sama. Penjualan barang-barang elektronik saat ini cenderung stabil.

“Dibilang turun tidak, naik juga tidak. Sekarang masyarakat sudah memiliki barang elektronik. Lebih pilih-pilih barang belanjaan,” ucap Ko Ahen kepada Radar Bogor, Senin (30/08/2016)

Hingga Senin (30/08/2016), kedua pedagang eletronik mengaku masih menjual harga biasa sesuai dengan biaya pembelian yang dikeluarkan.

Hanya sampai saat ini kedua pedagang tersebut diatas belum mengetahui apakan harga pengambilan barang di distributor atau perusahaan sudah naik. Penurunan, kata Ko Ahen, bukan karena nilai rupiah, tapi ekonomi masyarakat yang tidak baik.

Penjualan diperkirakan hingga akhir Desember cenderung rendah, tidak ada peningkatan. Ko Ahen menuturkan kalaupun ada perubahan, diperkirakan bukan peningkatan penjualan tapi penurunan.

Sementara itu perwakilan Courts Bogor, Ryan Widi mengatakan untuk penjualan barang elektronik sampai kemarin belum ada kenaikan, stabil. Sehingga harga yang dibanderol pun masih harga lama Courts Indonesia.

“Tidak ada perubahan harga, cenderung stabil,” ungkap Ryan Widi kepada Radar Bogor, Senin (30/08/2016).

Pria yang disapa Widi ini juga menegaskan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan khususnya di Courts Indonesia, akan terus memberikan penawaran menarik dari periode dan besarnya promo yang diberikan.

Tambah Widi, untuk meningkatkan penjualan, ditawarkan juga kemudahan seperti cicilan ringan, cicilan tanpa DP dan cicilan lainnya.  (pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here