Di Kota Bogor Ada Jaksa Masuk Sekolah

58
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR

Sebelum memulai pelajaran di hari Senin, biasanya setiap siswa di sekolah harus menjalani upacara, sebagai ungkapan rasa nasionalisme. Upacara disekolah biasanya dipimpin oleh guru-guru mereka. Namun, upacara di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Kota Bogor, agak sedikit berbeda dari biasanya.

Upacara yang dilakukan Senin (29/8/2016) pagi, di 2 sekolah tersebut tidak dipimpin oleh guru ataupun Kepala Sekolah. Melainkan, di dua sekolah tersebut, upacara dipimpin oleh seorang Jaksa yang menjadi Inspektur upacara.

Ratusan siswa sempat terkejut, ketika upacara bendera dipimpin oleh Jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor. “Kaget, kok tadi pas upacara yang mimpin orang dari Kejaksaan. Saya pikir ada apa, ternyata ada program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dari Kejari Kota Bogor,” ujar salah seorang siswa.

Meskipun sedikit terkejut, namun upacara yang digelar mulai pukul 07.00 WIB tersebut, tetap berjalan khidmat. Ratusan siswa nampak dengan tertib mengikuti upacara yang dipimpin oleh sejumlah anggota dari Kejari Kota Bogor.

Beri Pemahaman Siswa

Sementara itu, Kasie Intel Kejari Kota Bogor Andhie Fajar Arianto mengungkapkan, upacara bendera di dua sekolah yang dipimpin oleh Kejaksaan ini merupakan hasil tindak lanjut dari perintah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Dimana Kejari Kota Bogor diminta untuk menjadi inspektur upacara di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Kota Bogor.

“Ya, ini sesuai dengan amanat dari Kejati Jabar dalam rangkaian kegiatan JMS yang rutin kami lakukan ke beberapa sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor,” kata Andhie.Mantan Kasie Intel Kejari Ambarawa ini melanjutkan, program JMS dilakukan karena pihaknya ingin memberi pemahaman kepada siswa. Menurutnya, kejaksaan tak hanya berkecimpung di dalam sebuah perkara dan penyelesaian kasus hukum saja.

“Dalam kegiatan ini, kami ingin menyampaikan berbagai bentuk langkah strategis, yang juga diamanatkan dalam Surat Keputusan (SK) Jaksa Agung RI Nomor KEP-184/A/JA/11/2015 tanggal 18 November 2015 tentang pembentukan tim Jaksa Masuk Sekolah,” paparnya.

Tak hanya itu, program JMS ini sendiri merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi katakter bangsa. Sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional (nawa cita).

“JMS sesuai dengan cita ke delapan yang berisi melaksanakan revolusi karakter bangsa yang menitik beratkan kepada pembentukan karakter dan revolusi mental generasi muda Indonesia,” tegas Andhie.

Kejari Kota Bogor, masih kata Andie, berkomitmen untuk terus konsisten melakukan kegiatan serupa di berbagai sekolah lainnya. “Yang terdekat, pada 1 September mendatang, kami akan kembali menyambangi sekolah lain. Nanti kami akan melakukan penyuluhan hukum di SMA Negeri 10 Kota Bogor,” tuntasnya.  (infonitas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here