Unhan Gelar Lomba Karya Ilmiah Tema Bela Negara

71
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air, Universitas Pertahanan (Unhan) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Bogor, menggelar lomba karya tulis ilmiah.

Acara yang berlangsung di Kampus Unhan di kawasan IPSC Sentul Bogor diikuti ratusan pelajar tingkat SLTA se-wilayah Bogor.

Siswa yang mengikuti Parade Cinta Tanah Air (PCTA) ini, merupakan hasil selekti secara ketat oleh Dinas Pendidikan yang sudah berlangsung sejak 11-20 Agustus 2016 lalu.

Bertempat diruang auditorium Unhan, para peserta diberi judul materi. Materi dari panitia, lalu di aktualisasikan peserta dalam bentuk puisi.

Rektor Unhan, Letjen TNI I Wayan Midhio,  kepada wartawan mengatakan, tema yang diangkat adalah Bela Negara yang meliputi, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

“Secara umum, kegiatan yang melibatkan pelajar tingkat SLTA se-wilayah Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan pemikiran sesuai standar ilmiah. Siswa diharapkan mencari solusi dari sebuah permasalahan,”kata Letjen I Wayan.

Hadiah dan penghargaan diberikan bagi peserta yang menurut dewan juri, karyanya layak.

Saat ditanya apa langkah akademik dalam membina preman, guna sadar akan bela negara, Jenderal bintang tiga ini mengatakan, itu urusan Kodim.

“Soal preman, biar Kodim yang tangani. Kami sebagai kampus yang fokus pada pertahanan, mendidik pelajar, agar tetap setia pada negara dan mau berkorban serta berlaku sesuai aturan yang berlaku di republik ini,”paparnya.

Sementara Brigjen Tamsil, Karo Akademik dan Kemahasiswaan menambahkan, acara parade cinta tanah air kali ini hanya diikuti peserta dari Kota dan Kabupaten Bogor.

Kedepan, akan dilibatkan pelajar dari Sukabumi, Cianjur dan Depok.

“Unhan ini hanya meluluskan S2 dengan biaya beasiswa. Unhan juga sebagai pelopor program bela negara. Makanya disini, ospek kami ganti dengan materi bela negara,”kata Brigjen Tamsil. (poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here