Thierry Henry Menjadi Asisten Pelatih Timnas Belgia

57
0
SHARE
Thierry Henry Menjadi Asisten Pelatih Timnas Belgia
Thierry Henry Menjadi Asisten Pelatih Timnas Belgia

BHARATANEWS.ID | SPORT – Legenda timnas Perancis dan juga Arsenal, Thierry Henry akhirnya mendapatkan jabatan baru di tim kepelatihan. Pria yang diberhentikan dari tim staf kepelatihan Arsenal pada Juli lalu itu mulai menjalani karier barunya sebagai asisten pelatih timnas Belgia.

Ia pun akan mendampingi pelatih utama timnas Belgia, Roberto Martinez, untuk memperjuangkan negara tersebut lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Thierry adalah seorang figur yang penting,” kata Martinez seperti dilansir BBC Sports. “Dia akan membawa sesuatu yang berbeda. Dia telah setuju untuk bergabung dengan kami.”

Di staf kepelatihan Belgia, Henry akan bekerja bersama Graeme Jones. Jones adalah asisten yang mendampingi Martinez saat juru taktik asal Spanyol itu menjadi manajer Swansea City, Wigan Athletic, dan Everton.

Martinez sendiri dipecat dari Everton pada akhir Liga Inggris musim lalu. Posisinya di Everton kemudian digantikan juru taktik asal Belanda, Ronald Koeman.

Adapun posisi Martinez di timnas Belgia menggantikan pelatih sebelumnya, Marc Wilmots, yang dipecat dari Belgia setelah kalah 1-3 dari Wales di perempat final Piala Eropa 2016.

Posisi Henry di timnas Belgia itu pun dijamin tak akan mengganggu kerjanya sebagai analis sepak bola untuk sebuah saluran olahraga asal Inggris. Sebelumnya, Henry didepak dari tim kepelatihan Arsenal oleh Wenger karena enggan melepas kariernya di televisi.

Di tim pelatih Arsenal, Henry kala itu bertanggung jawab untuk tim U-18. Henry yang juga pernah merasakan jadi kapten Arsenal itu telah menyelesaikan Lisensi A Kepelatihan di UEFA. Henry melengkapi kursus Lisensi A di bawah asosiasi sepak bola Wales. Hal serupa ia lakukan saat mendapatkan Lisensi B.

Dengan sertifikat Lisensi A, Henry kini bisa menjadi juru taktik bagi tim di kasta kedua kompetisi domestik seperti di bawah Liga Primer Inggris atau di tingkat akademi.

“Dia [Henry] adalah seseorang yang tahu cara mengembangkan mentalitas kolektif, bekerja bersama untuk menang,” kata Martinez yang tak didampingi Henry saat mengumumkan jabatan baru tersebut.

“Dia memenangkan Piala Dunia pada 1998, dan berpengalaman untuk memenangkan hal-hal besar.”

Henry adalah bagian dari skuat timnas Perancis saat memenangkan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Ia juga menjadi bagian dari timnas Perancis saat berlaga di Piala Dunia 2006–dalam turnamen itu kalah di final dari Timnas Italia lewat adu penalti.

Selanjutnya, Henry akan menemani Martinez untuk memulai perjuangan awal timnas Belgia di kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka akan melawan Spanyol dalam laga persahabatan pada Kamis (1/9) mendatang. Setelah itu Belgia akan melawan Siprus dalam pertandingan pertama kualifikasi Piala Dunia 2018, 6 September 2016.

(www.cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here