SEKOLAH BOGOR BERLOMBA BELA NEGARA

101
0
SHARE
SEKOLAH BOGOR BERLOMBA BELA NEGARA
SEKOLAH BOGOR BERLOMBA BELA NEGARA

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sebanyak 50 siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dari Kota/Kabupaten Bogor berkumpul di Universitas Pertahanan (Unhan) di Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (25/8), untuk mengikuti karya tulis ilmiah dan pidato bertajuk ‘Parade Cinta Tanah Air’.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan, Brigjen TNI Tamsil mengungkapkan, perlombaan ini untuk memupuk kembali rasa cinta terhada Tanah Air. Maka, tema yang diambil pun tidak jauh-jauh dari Bela Negara, meliputi tentan Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara dan tentunya yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara.

“Ini kali pertama kami selenggarakan. Karena kami ada di Bogor, maka yang kami undang, sekolah di Kota/Kabupaten Bogor dulu. Bukan tidak mungkin, nanti daerah lain seperti Depok, Cianjur juga kami undang ke depannya,” kata Brigjen Tamsil.

Ia menambahkan, 50 siswa peserta telah melakoni seleksi di masing-masing daerah pada 11-20 Agustus dan finalnya diselenggarakan di Ruang Auditorium Unhan, 25 Agustus 2016.

Meski disediakan kategori juara satu hingga juara harapan tiga, itu bukanlah yang utama. Terpenting adalah bagaimana generasi muda ini mempertebal kecintaan mereka kepada Indonesia sekaligus mengokohkan persatuan Indonesia.

“Arahnya memang tidak kesana. Karena terpenting bagaimana mereka memaknai apa itu Bela Negara, Pancasila sebagai negara lalu menularkannya pada lingkungan di sekitar mereka. Itu yang terpenting,” tambahnya.

Mengenai adanya Kurikulum Bela Negara di sekolah-sekolah menengah, kata dia, kurikulum itu telah digodok namun baru hanya tersedia di Unhan yang fokus pada pendidikan S2. “Karena Unham tidak bisa berdiri sendiri. Kamu juga harus bergandeng tangan dengan Kemendikbud untuk penerapan di tingkat SD, SMP hingga SMA/K,” tukasnya.

(bogoronline.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here