Proxima b, Planet Baru Serupa Bumi

91
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | UNIK – Tim ilmuwan NASA kembali menemukan planet di sistem bintang berbeda dari tata surya yang diperkirakan mirip dengan Bumi. Ia dinamakan Proxima b.

Sistem bintang planet Proxima b bernama Proxima Centauri yang sejatinya berada di ‘tetangga’ sistem tata surya, dengan jarak sekitar 40 triliun kilometer dari Bumi.

Menggunakan teleskop Kepler milik NASA, diketahui Proxima Centauri ini termasuk bintang induk merah, ukurannya lebih kecil dan lebih redup dari Matahari di sistem tata surya.

Salah satu peneliti di Ames Research Center NASA di California, Ruslan Belikov, telah mengajukan pengembangan teleskop antariksa mungil khusus untuk penelitian ini yang diprediksi akan memakan biaya sebesar US$175 juta.

“Temuan ini meningkatkan kesadaran publik bahwa ada dunia baru di lingkungan tetangga tata surya. Ini sebuah perubahan paradigma dari pikiran manusia,” ucap Belikov.

Jarak planet Proxima b dengan bintang induk Proxima Centauri adalah 8,04 juta kilometer. Angka tersebut lebih dekat ketimbang jarak Bumi ke Matahari yakni 149 juta kilometer.

Seperti yang dilaporkan situs New York Times, planet Proxima b kemudian dianggap berada di zona aman, yakni tidak terlalu panas ataupun dingin untuk kandungan air. Dengan kata lain, ia dinilai sebagai planet yang berpotensi menopang kehidupan seperti Bumi.

Proxima b diperkirakan memiliki ukuran 1,3 kali lipat dari Bumi meskipun bisa lebih besar dari itu. Ia mengorbit bintang induknya hanya dalam waktu 11,2 hari. Tarikan gravitasinya kemungkinan membuat satu sisi planet mendapat cahaya secara terus-menerus, dan sisi lainnya gelap.

Sisi lain yang menarik perhatian para ilmuwan, sistem bintang Proxima Centauri dengan tata surya jaraknya dinilai tidak terlalu jauh, sehingga diyakini Proxima b bisa diteliti lebih dalam lagi.

(www.cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here