Epson Luncurkan Printer Ramah Lingkungan

66
0
SHARE
Epson Luncurkan Printer Ramah Lingkungan
Epson Luncurkan Printer Ramah Lingkungan

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Epson resmi meluncurkan produk terbaru mereka yang bernama Epson WF-R8591. Dengan teknologi RIPS (Replaceable Ink Pack System), produk ini dianggap sebagai printer yang lebih ramah lingkungan ketimbang printer kebanyakan. Launching produk tersebut dilakukan di Nusa Dua, Bali, Kamis 26 Agustus 2016 malam.

Senior Manager Product Marketing PT Epson Indonesia, Riswin Li menyebut, keramahan printer ini terhadap lingkungan ada pada lebih sedikitnya limbah printer yang dihasilkan. WF-R8591 mampu mencetak sampai 75.000 halaman tanpa henti. Untuk jumlah cetakan tersebut, hanya dibutuhkan satu set tinta yang terdiri dari empat kantung tinta.

Kebutuhan tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan printer laser. Pasalnya untuk mencetak 75.000 lembar, sebuah printer laser membutuhkan sampai 52 katrid tinta standar. Belum lagi dengan limbah yang datang dari unit fuser, unit transfer, dan drum printer laser.

“Di sisi lain, printer sejenis dari kelas laser, hanya memiliki kemampuan untuk mencetak 22.000 halaman tanpa henti,” kata Riswin dalam paparannya.

Selain limbah yang lebih sedikit, listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan WF-R8591 juga terbilang minim, yakni 0,6 kwh. Angka tersebut 88% lebih rendah dari konsumsi listri printer laser yang setara. Dalam demo printing yang dilakukan saat launching, WF-R8591 bahkan bisa beroperasi hanya menggunakan listrik dari generator yang digerakkan melalui kayuhan sepeda. Total penghematan-penghematan ini, bisa mengurangi emisi karbon dioksida sampai 95%.

Meski menghasilkan penghematan drastis, namun di dalam unit WF-R8591 ini tertanam teknologi prinhead Epson PrecisionCore. Teknologi paling baru bagi printhead paten Micro Piezo ini memungkinkan kualitas cetakan bertahan pada resolusi 600×600 dpi dalam kecepatan tinggi (ISO) sampai 24 ipm.

“Epson RIPS ini merupakan pengembangan paling signifikan pada dunia bisnis mencetak dalam beberapa tahun ini,” kata Shimizu Tomoya, direktur PT Epson Indonesia.

Selain ramah lingkunga, WF-R8591 juga dilengkapi beragam fitur terkini. Beberapa diantaranya adalah scanning dua sisi dokumen sekali pindai, tinta yang tahan luntur karena air, mencetak secara mobile tanpa kabel, koneksi Wi-Fi sampai 4 perangkat sekaligus, sampai penggunaan PIN agar tak sembarang orang bisa mengakses dokumen penting yang dicetak.

Pada kesempatan yang sama, Epson juga merilis dua produk terbaru mereka lainnya. Kedua produk tersebut berasal dari seri L yakni L605 dan L1455 yang sama-sama menggunakan sistem ink tank. Dengan mengandalkan keunggulan biaya mencetak yang rendah, kedua printer ini membidik sasaran kalangan usaha kecil serta perkantoran skala kecil dan menengah.

“L605 didesain untuk membantu usaha kecil dalam menghemat ongkos produksi mereka dengan biaya cetak yang sangat rendah, sementara L1455 bisa membantu bisnis skala kecil dan menengah mencapai efisiensi maksimal dalam operasionalnya,” ujar Shimizu Tomoya.

(www.pikiran-rakyat.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here