Besok, Dua Planet Ini Sangat Berdekatan, Venus Akan Terlihat Lebih Terang dari Biasanya

57
0
SHARE
Besok, Dua Planet Ini Sangat Berdekatan, Venus Akan Terlihat Lebih Terang dari Biasanya
Besok, Dua Planet Ini Sangat Berdekatan, Venus Akan Terlihat Lebih Terang dari Biasanya

BHARATANEWS.ID | UNIK – Besok Sabtu (27/8/2016) dipastikan akan terjadi fenomena astronomi yang cukup menarik, yakni akan terjadi konjungsi Jupiter dan Venus. Bersinggungannya kedua planet ini merupakan fenomena yang cukup langka, karena dapat terjadi beberapa tahun sekali tergantung masa orbit planet tersebut.

“Besok dapat diamati sekitar pukul 18.20 hingga tenggelamnya Venus. Dengan jarak antara kedua planet tersebut sekitar 0,5 derajat jika diamati dari bumi,” kata Astronom amatir sekaligus operator di Kampung Eduwisata Areng Imah Noong Fahri Ahmad Wijaya (25), di Kampung Areng, RT 2/14, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/8).

Dirinya mengatakan fenomena ini terakhir terjadi pada 2014 lalu, dan tahun ini akan kembali terjadi “persinggungan” antara planet terbesar di tata surya yakni Jupiter dan Venus. Fenomena ini tidak akan berpengaruh terhadap kondisi alam, namun “persinggungan” antara dua objek benda langit ini, sungguh unik dan menarik untuk diamati.

“Venus akan tampak lebih terang (dari biasanya) karena ada Jupiter di sampingnya. Kalau ingin lihat dua obyeknya saja pakai vinokuler (teropong biasa) juga bisa, kalau ingin jelasnya ya pakai teleskop,” tutur dia.

Fahri menjelaskan pada saat konjungsi terjadi, cahaya Venus akan tampak lebih terang dibanding Jupiter karena skala cahaya Jupiter minus 1,7 magnitudo, sementara Venus minus 3,8 magnitudo.

“Skala magnitudo bermakna, semakin besar angka magnitudo maka kecerahan bintang (planet) tersebut akan semakin besar. Semakin kecil angka magnitudo maka tingkat energi yang diterima kita di Bumi akan semakin besar (redup),” tutur Fahri.

Fahri menambahkan untuk pengamatan paling baik dapat dilakukan di tempat-tempat yang luas seperti pantai atau di atas gunung sehingga dapat diamati dengan pandangan terbuka. Besok Imah Noong juga akan melakukan pengamatan. Tentunya ini menjadi agenda wajib bagi anda penyuka astronomi atau keunikan benda-benda luar angkasa.

“Venus akan tampak dua kali lebih terang dibanding hari biasa,” ujarnya.

(tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here