Apple ‘Latah’ Ikutan Tiru Snapchat

82
0
SHARE
Apple 'Latah' Ikutan Tiru Snapchat
Apple 'Latah' Ikutan Tiru Snapchat

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Konsep video berdurasi pendek yang dikenalkan Snapchat mampu membuat perusahaan teknologi lain menirunya. Kali ini Apple dilaporkan telah menyiapkan peranti lunak yang mirip dengan cara kerja Snapchat.

Apple dikabarkan sedang menguji coba sebuah aplikasi bikinannya yang memungkinkan pengguna iPhone merekam video secara langsung dengan tambahan fitur lain.

Pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg, aplikasi itu juga akan memiliki fitur filter sendiri, sehingga pengguna bisa mengolahnya terlebih dahulu sebelum diunggah. Apple juga bakal membuat format logo berbentuk persegi seperti Instagram untuk video yang direkam.

“Sebuah peranti lunak sedang dirancang agar bisa digunakan dengan satu tangan,” begitu laporan Bloomberg.

Selain itu, Apple disebut-sebut juga menyiapkan desain purwarupa internal untuk ‘Snapchat’ buatannya itu agar bisa langsung dibagikan ke kontak atau media sosial milik si pengguna.

Kabarnya divisi yang bertanggung jawab mengembangkan aplikasi ini adalah tim di balik peranti lunak Final Cut Pro dan iMovie.

Apple berencana merilis video singkat pertamanya itu pada 2017 mendatang.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang berniat mengembangkan aplikasi atau fitur menyerupai Snapchat.

Sebelumnya, Facebook mengakuisisi perusahaan pengembang Masquerade Technologies yang merilis MSQRD. MSQRD merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna menambah berbagai filter ke dalam video yang direkam layaknya Snapchat.

Facebook pun kabarnya akan mengintegrasikan fitur Facebook Live dengan aplikasi MSQRD. Bisa dikatakan, ini adalah ‘Snapchat ala Facebook’.

Nantinya pengguna bisa update video secara live langsung dari aplikasi MSQRD dan merekam video seperti biasa dengan filter wajah yang diinginkan.

Selain Facebook, belum lama ini Instagram juga mengikuti jejak Snapchat. Sang CEO Kevin Systrom mengakui layanannya menjiplak konsep milik Snapchat dengan meluncurkan fitur Stories.

Instagram Stories dibuat persis dengan Snapchat Stories. Fitur baru ini juga dibuat dengan konsep hanya bisa bisa menghilang hanya dalam waktu 24 jam, persis sama dengan konsep yang diusung Snapchat.

(www.cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here