Akhiri Pekan, IHSG Melemah Terseret Bursa Asia

62
0
SHARE
Akhiri Pekan, IHSG Melemah Terseret Bursa Asia
Akhiri Pekan, IHSG Melemah Terseret Bursa Asia

BHARATANEWS.ID | BISNIS – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah hari ini karena aksi tunggu pernyataan bank sentral AS (The Fed) terkait kenaikan suku bunga. Indeks turun sebesar 15,28 poin (0,28 persen) ke level 5.438 setelah bergerak di antara 5.419-5.456 pada Jumat (26/8).

Sementara di pasar valuta asing, nilai tukar rupiah menguat 30 poin (0,23 persen) ke Rp13.212 per dolar AS, setelah bergerak di kisaran Rp13.210-Rp13.251.

Analis Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, aksi tunggu investor terhadap prospek pernyataan The Fed pada suku bunga AS membuat mayoritas bursa Asia melemah. Hal itu terjadi meski harga minyak sudah terlihat mulai menguat pasca produsen utama diperkirakan setuju pemangkasan produksi dalam pembicaraan OPEC bulan depan.

“Data inflasi Jepang menunjukan penurunan dalam lima bulan berturut di saat pemerintah mencoba untuk menghidupkan kembali ekonomi dan inflasi. Faktor tersebut menjadi tekanan aksi jual pada perdagangan akhir pekan ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, mengikuti mayoritas bursa di Asia, IHSG ditutup melemah dengan volume moderat. Aksi jual investor terlihat pada sektor pertanian dan sektor properti dengan penurunan hampir 1 persen.

“IHSG kembali lagi bergerak terkonsolidasi tanpa arah setelah sebelumnya bertahan pada level support dan hari ini tidak mampu kembali menguji resistance tertingginya di tahun ini,” jelasnya.

RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp5,35 triliun dengan volume 7,16 miliar lembar saham. Di pasar reguler, investor asing membukukan transaksi beli bersih (net buy) Rp59 miliar.

Sebanyak 102 saham naik, 194 saham turun, dan 89 saham tidak bergerak. Sementara delapan sektor dari 10 sektor menguat. Pelemahan terbesar dialami oleh sektor agri yang melemah sebesar 0,91 persen.

Dari Asia, mayoritas indeks saham bergerak melemah. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Nikkei225 di Jepang yang turun sebesar 1,18 persen, indeks Kospi di Korsel turun sebesar 0,27 persen, dan indeks Hang Seng di Hong Kong naik sebesar 0,41 persen.

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa bergerak melemah sejak dibuka tadi siang. Indeks FTSE100 di Inggris turun 0,05 persen, indeks DAX di Jerman turun 0,25 persen, dan indeks CAC di Perancis turun 0,16 persen.

(www.cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here