Wisata ke Bulukumba, Sensasi Mantai yang Sesungguhnya

121
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Kalau yang kamu cari adalah puncak gunung yang menyuguhkan kebesaran dunia ini, ada Semeru yang tertinggi di Pulau Jawa, hingga Rinjani di Lombok. Namun, jika kamu mencari pantai yang begitu eksotis dengan pasir putih terhampar luas, serasi dengan laut yang sebiru permata, maka kamu wajib datang ke daerah Bulukumba. Kawasan tersebut adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah  Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari dataran tinggi hingga laut lepas semuanya menyuguhkan pamadangan yang indah. Selain itu, namanya sudah terkenal di bahkan sampai ke telinga turis mancanegara. Tidak heran, jika Bulukumba adalah tujuan wisata populer, mengingat bukan hanya ada banyak  pilihan wisata, tapi fasilitas umum bahkan sampai penginapan juga tersedia. Berikut ini adalah sebagian dari pantai-pantai yang terkenal di Bulukumba.

1. Pulau Liukang Loe

Menjelajahi satu per satu pantai di Indonesia seakan tidak akan pernah selesai karena mamang jumlahnya begitu banyak. Masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan. Misalnya saja pantai pasir putih yang ada di Pulau Liukang Loe. Letaknya sendiri ada di sebarang Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk sampai di sini kamu harus meyeberangi lautan menggunakan speedboat atau fasilitas lain yang tersedia.

Pulau Liukang Loe [image source]
Pulau Liukang Loe [image source]

Saat perjalanan menuju pulau kamu akan merasakan terpaan angin laut dan menghirup aroma laut yang khas. Berbagai biota laut samar-samar terlihat dari atas perahu saat kamu memandang ke dalam lautan.  Ada beberapa fasilitas wisata menarik yang bisa kamu coba selain wisata pantainya. Mulai dari banana boat, hingga spot untuk snorkeling dan menyelam. Saat mengintip ke dalam air laut, kamu akan menyibak sebuah kehidupan bawah laut dengan terumbu karang yang tumbuh dengan berbagai bentuk dan ukuran.

2. Tanjung Bira

Tanjung Bira adalah sebutan daratan yang menjorok ke laut dan di tepinya terdapat pantai dengan pemandangan yang indah. Kamu bisa mulai petualangan dari Pantai Tanjung Bira. Secara administratif, lokasinya terdapat di wilayah Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jika ingin ke sini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 200 km dari pusat Kota Makassar. Cukup jauh memang, namun perjuangan yang kamu lakukan itu akan sebanding dengan pemandangan indah di pantai. Apalagi jika kamu datang di saat yang tepat, misalnya saja ketika matahari terbenam.

Tanjung Bira [image source]
Tanjung Bira [image source]

Cahaya merah di kala senja akan memberikan ketenangan tersendiri. Biar makin mantap, kamu bisa menyewa kapal atau speedboat untuk bekeliling di sekitar Tanjung Bira. Harga yang ditawarkan oleh nelayan setempat berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu. Dengan begitu kamu bisa menuju titik-titik yang bagus untuk snorkeling atau menyelam. Nama Tanjung Bira sudah terkenal tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Nggak heran jika di sini terdapat banyak sekali bule-bule yang berlalu lalang menikmati atmosfer pantai dan laut yang menyegarkan. Bagi kamu yang ingin bermalam juga nggak perlu khawatir karena ada banyak sekali penginapan baik yang berupa hotel, bungalow, cottage, homestay, villa, atau guest house.

3. Pantai Appralang

Bagaimanakah perasaanmu jika kamu diterjunkan dari atas ketinggian dan langsung menghantam lautan? Tenang saja, jika kamu terjun dari tebing-tebing tinggi di Pantai Appralang nggak seserem itu kok. Justru kamu akan merasakan sensasi yang begitu menatang dan menegangkan. Ya, salah satu suguhan utama di Pantai Appralang, Bulukumba adalah kegiatan cliff jumping. Selain itu, kamu bisa menikmatai keindahan pantai dari ketinggian.

Pantai Appralang [image source]
Pantai Appralang [image source]

Birunya air laut yang samar-samar menampilkan terumbu karang adalah daya tarik yang akan memanjakan matamu ketika datang ke kawasan Pantai Appralang. Tinggi tebing yang bisa digunakan untuk cliff jumping mencapai 12 hingga 20 merter. Untuk sampai di sini, kamau harus menempuh perjalanan menuju Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.  Baik motor maupun mobil bisa menggunkan akses jalan menuju ke Pantai Appalang.

4. Pantai Kasusuo

 Lagi-lagi, surga alami yang ada di Bulukumba memang sangat menawan hati, memanjakan mata dan menenangkan sanubari. Kali ini ada Pantai Kasuso, pesonanya tak kalah indah dari tempat-tempat lain di Bulukumba. Perbukitan hijau dan lautan dihubungkan dengan pantai yang keren. Pasir laut yang lembut dan terhampar luas juga bisa kamu jajaki, hingga akhirnya meraskan betapa ramahnya alam Indonesia. Pantai Kasuso terletak di  di dekat Pantai Appralang karens masih dalam satu kawasan Kecamatan Bontobahari. Hanya saja ada di Desa Darubiah.
Pantai Kasuso [image source]
Pantai Kasuso [image source]

Sebuah tempat indah yang berjarak sekitar 45 km dari pusat Kabupaten Bulukumba. Jika kamu datang saat musim angin timur, kamu akan menyaksikan aktivitas nelayan menangkap ikan terbang dan ikan tuing-tuing yang membutuhkan keahlian khusus. Tentu saja, karena merupakan desa nelayan, kamu juga bisa berburu kuliner yang mantap abis. Berbagai olahan ikan laut menjadi godaan tersendiri dan wajib kamu cicipi.

Itulah beberapa pantai di Bulukumba yang keren dan menyuguhkan pemandangn surgawi. Kalau kamu, apakah punya tujuan favorit sendiri? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya. (viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here