Rapat Kordinasi dan Sosialisai RTLH di Kelurahan Tegal Gundil

65
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pemkot Bogor mengadakan sosialisasi terkait Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Bogor Utara.

Peserta sosialisi RTLH sangat apretiatif dari masyarakat sekitar, pertanyaan dan keluhan banyak di lontarkan oleh warga guna terjadinya pemahamaan antar peserta.

“Bilamana warga yang tidak bisa membaca ataupun menulis bagaimana bisa membuat surat permohonan?”, tanya Agus selaku peserta sosialisasi RTLH.

Pegawai Bidang Kesehatan, Rahman, menjawab masyarakat bisa meminta bantuan melalui RT RW setempat.

“Untuk warga yang tidak bisa membaca dan menulis, Kita bisa meminta bantuan kepada RT maupun RW setempat untuk mrmbantu kita dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.”, jawabnya.

Bantuan tersebut di turunkan atas keputusan Walikota Bogor dengan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 11.000.000 langsung ke pemohon RTLH, tetapi ini sebagai nominal ketentuan Walikota. Pada dasarnya pemberian bantuan tersebut masih tentatif (belum pasti), bisa melebihi 11 juta ataupun kurang. Sesuai dengan kebutuhan rumah tersebut dan tergantung team petugas lapangan yang memeriksa kebutuhan rumah tersebut.

Dari data yang ada 5677 proposal permohonan yg masuk dari seluruh pelosok Kota Bogor dan 660 proposal permohonanan sedang tahap pengerjaan untuk tahun 2017. Dikarenakan kurangnya persyaratan dari para pemohon.

Menurut peraturan yang berlaku, syarat mengajukan RTLH adalah Foto copy KTP, KK dan rencana kebutuhan biaya. Dalam kurun waktu 1 tahun ke belakang, terdapat kurang lebih 60 proposal permohonan, tetapi kebanyakan tidak memenuhi syarat mekanisme di lapangan untuk menrealisasikan RTLH.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Rahman berharap pengajuan dari pemohon sesuai dengan aturan yang berlaku, karena syarat yang ada begitu mudah. Semoga pemerintah bisa lebih merangkul masyarakat kurang mampu.

“Saya berharap agar proses tersebut dipermudah dan pemerintah bisa lebih merangkul masyarakat tidak mampu”, pungkasnya.(ry/jat/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here