Mumpung Masih Muda Kamu Harus Puas Traveling, Ini Alasannya

73
0
SHARE
Playa de las Teresitas, Tenerife, Canary Islands, Spain

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Setiap orang punya sudut pandang sendiri terkait traveling atau liburan, terutama para remaja yang darah mudanya masih berdesir dengan kuat. Maunya sih ingin pergi ke sana dan kemari, namun karena ada ketakutan tersendiri, akhirnya niat bepergian jadi diurungkan lagi dan lagi.

Ada yang menganggap jika liburan itu adalah tindakan pemborosan dan nggak ada manfaatnya. Lebih baik mengisi waktu untuk belajar atau bekerja. Belajar dan bekerja tentu saja harus diutamakan. Tapi liburan juga nggak bisa disepelekan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus liburan selagi masih muda.

1. Mengubah Caramu Terhubung dengan Dunia Luar

Tidak bisa dimungkiri jika saat ini, jarak antar negara terasa makin dakat. Jarak bukan lagi jadi masalah karena adanya teknologi seperti internet. Dengan berdiam diri di rumah saja kemudian terhubung ke internet dengan berbagai perangkat entah itu komputer maupun smartphone kamu bisa berselancar dan mencari tahu banyak hal di negara lain. Mulai dari wisata-wisatanya seperti pantai dan gunung, atau budaya setempat yang menyuguhkan sebuah keanggunan dan cerminan masa lampau yang terjaga hingga sekarang.

Traveling ketika muda [image source]
Traveling ketika muda [image source]

Boleh jadi kamu merasa cukup dengan seperti itu saja, tak membutuhkan banyak uang, nggak repot mengurus berbagai surat seperti paspor dan visa, apalagi menyiapkan sejumlah uang yang pastinya tidak sedikit. Tapi dengan pergi dan langsung datang ke tempat wisata, kamu akan menyadari bahwa mengenal dunia luar nggak cukup hanya mengandalkan internet dan aplikasi sosial media. Dengan berwisata, kamu akan tahu bahwa di luar sana ada banyak sekali hal menarik. Mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, lautan yang terhampar luas, kota-kota penuh keramaian, hingga keindahan bintang dan tumbuhan yang beraneka ragam jenisnya.

2. Mengubah Caramu Berhubungan dengan Orang Lain

Tinggal di tanah kelahiran tanpa sempat pergi ke mana-mana akan membuat kamu hanya akan bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama denganmu. Melihat orang lain akan selalu nampak sama. Namun saat kamu melancong entah untuk merantau atau berlibur, kamu akan menemukan hal baru, orang baru, hingga lingkungan dan budaya yang baru. Mumpung umurmu masih muda, kamu harus mulai melangkah dan menjelajah berbagai tempat mengembangkan jaringan persahabatan dengan masyarakat lain.

Mengobah cara berkomunikasi dengan orang lain [image source]
Mengobah cara berkomunikasi dengan orang lain [image source]

Menghadapi orang lain dengan kebiasaan dan budaya yang berbeda akan mengajarkanmu sifat rendah hati, meningkatkan kepedulian. Selain itu juga bisa mengajarkanmu tentang arti pentingnya sebuah komunikasi.  Melihat kehidupan suatu masyarakat di belahan bumi lain juga bisa memberikanmu banyak sekali inspirasi.

3. Masa Muda yang Bahagia

Setiap hari usia semakin bertamabah. Lambat laun kamu akan memiliki banyak sekali kenangan tentang masa-masa dulu. Saat ini ketika kamu sudah cukup umur untuk dibilang sebagai anak muda, pasti juga memiliki kenangan masa kecil. Bagaimana dengan hal itu, apakah masa kecilmu sudah cukup bahagia? Syukur jika memang iya, namun jika masih ada banyak sekali kenangan buruk apakah kamu akan membiarkan masa mudamu mengalir begitu saja tanpa ada pengalaman seru yang menyenangkan?

Masa muda yang bahagia [image source]
Masa muda yang bahagia [image source]

Tentu saja, salah satu cara untuk mengisi masa muda dengan cara yang  lebih seru adalah dengan berwisata. Nggak perlu sampai jalan-jalan ke luar negeri kok, kamu bisa mulai dari wisata yang paling dekat dari tempat tinggalmu. Dengan begitu, kamu akan memiliki masa muda yang lebih bahagia. Nggak percaya? Buktikan sendiri!

4. Liburan Membuatmu Kuat Menghadapi Tantangan Baru

Melakukan kegiatan yang itu-itu saja di tempat yang sama, mungkin akan membuat kamu merasakan kebosanan yang teramat sangat. Jika sudah begitu, mungkin keluar dari zona nyaman dan mencoba liburan selagi masih muda bisa jadi adalah solusi yang paling tepat. Namun bukannya tanpa resiko, tentu saja akan ada banyak sekali tantangan dan masalah baru yang harus kamu hadapi. Mulai dari berkendara atau naik angkutan, hidup di tanah orang, hingga menghadapi penduduk setempat dengan berbagai watak dan kepribadian.

Berani [image source]
Berani [image source]

Namun jangan takut atau khawatir, kamu bukan lagi anak kecil. Justru dengan liburan atau berwisata kamu akan jadi lebih berani. Namanya juga berwisata, kamu juga akan mendapatkan pengalaman seru. Puas dengan pamandangan yang cantik dan kenyang dengan makanan khas yang mantap. Kita manusia dibekali dengan kemampuan untuk beradaptasi. Jangan buru-buru takut, hingga berpikir macam-macam karena kamu tidak akan tahu sebelum kamu mencobanya.

5. Menghargai Waktu Sendiri dan Menikmati Kebersamaan

Ada yang bilang jika masa muda adalah masa yang penuh dengan rasa penasaran untuk mencoba berbagai hal baru. Akan lebih baik jika kamu menyalurkan hasrat tersebut untuk sesuatu positif. Ya, berwisata misalnya. Kamu bisa melakukan solo traveling atau ikut rombongan. Semuanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tapi sama-sama mengajarkanmu untuk menghargai waktu yang kamu miliki.

Menghargai waktu sendiri [image source]
Menghargai waktu sendiri [image source]

Menghargai waktu sendiri dengan mengunjungi tempat-tempat yang menenangkan akan membawa banyak manfaat. Begitu juga dengan jalan-jalan bareng teman, akan membuat kamu lebih merasakan yang namanya kebersamaan.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus traveling sewaktu masih muda. Ingat, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, lebih bernilai daripada uang. Jadi kamu harus memanfaatkannya dengan baik. Yuk, segera rencanakan liburanmu. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dan mencari informasi seputar tujuan wisatamu. (viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here