Menjajal Iris Scanner di Samsung Galaxy Note 7

43
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI –┬áSamsung Electronics Indonesia (SEIN) baru saja meluncurkan Samsung Galaxy Note 7 di Indonesia. Seperti diketahui, ini adalah smartphone pertama di dunia yang mengadopsi teknologi iris scanner atau pemindai selaput mata.

Dalam peluncuran Galaxy Note 7 di Hotel Mulia Senayan, Selasa (23/5/2016), berkesempatan menjajal iris scanner yang tersemat pada produk premium teranyar Samsung ini.

Iris scanner bisa digunakan untuk membuka kunci keamanan (unlock security) Galaxy Note 7. Namun, berbeda dengan fingerprint yang bisa memuat beberapa sidik jari berbeda, iris scanner hanya bisa digunakan oleh satu pemilik mata saja.

Hal ini, kata IT and Mobile Marketing Head Samsung Electronics Indonesia Denny Galant, dilakukan agar keamanan smartphone Note 7 lebih terjamin.

“Ini lebih ke security, sebab perangkat mobile kini digunakan untuk segala aktivitas. Untuk keamanan, pengaturan iris scanner hanya bisa dibuka oleh satu orang saja,” kata Denny.

Iris scanner juga bisa mendeteksi mata yang menggunakan kacamata atau pun lensa kontak. Namun disarankan penggunanya tidak menggunakan alat bantu penglihatan saat mengakses iris scanner.

Jika seseorang menggunakan lensa kontak dengan warna yang berbeda saat mengaturiris scanner, ketika memindai mata ia tak bisa menggunakan lensa kontak dengan warna berbeda. Selain itu, iris scanner juga tak bisa mendeteksi mata yang mengenakan kacamata hitam.

Selain mengaktifkan pemindai selaput mata, Galaxy Note 7 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur keamanan menggunakan PIN atau fingerprint sekaligus–sehingga saat iris scanner tak bisa mengenali mata, penggunanya bisa mengetikkan PIN untuk membuka unlock security.

Berdasarkan pengujian, kemampuan scanner dalam membaca iris atau selaput mata bisa dibilang cukup cepat. Dengan menghadapkan ponsel sejajar dengan mata, kode keamanan ponsel bisa dibuka dalam waktu kurang dari satu detik.

Tak cuma bisa dipakai untuk membuka kunci pengaman ponsel, iris scanner rupanya bisa dipakai untuk aktivitas mobile banking atau payment, secure folder, dan membuka browser. (liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here