DILAYANI SATU PETUGAS, PENGAMBILAN BERKAS KEPENDUDUKAN DI GUNUNG SINDUR BUTUH WAKTU TIGA JAM

54
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di Kecamatan Gunungsindur, menuai keluhan dari warga, karena untuk mengurus satu dokumen kependudukan saja, warga terpaksa harus ngelus dada dan bersabar, karena dibutuhkan waktu hingga berjam-jam.

Kondisi tersebut terjadi, lantaran di loket pelayanan hanya ada satu petugas jaga, padahal di kecamatan lain, loket pelayanan dijaga sedikitnya tiga hingga lima pegawai.

“Gara-gara terlalu lama di kecamatan waktu saya banyak terbuang, padahal dokumen kependudukan yang saya urusan itu sangat diperlukan,” keluh Dendi (36) warga Kampung Cibinong, RY 01/04, Desa Cibinong, Selasa (23/08).

Dendi yang datang, hendak mengambil berkas untuk pengurusan pembuatan e – KTP mengaku, baru dilayani setelah menunggu lebih kurang tiga jam. “Ini yang membuat saya tak habis pikir, kok untuk ngambil berkas saja sampai tiga jam, parahnya lagi, petugas yang jaga di loket hanya satu orang, akibatnya ia keteteran. Yang menjadi pertanyaan saya, pada kemana para pegawai lainnya,” ungkapnya penuh sesal.

Dendi pun meminta, Bupati Nurhayanti menegur Camat Gunungsindur Yodi MS. Ermaya. “Ini untuk pelajaran saja, jangan mentang-mentang jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor, mereka lalai dalam melayani warga,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Kukuh Sri Widodo setuju, Bupati Nurhayanti menindak tegas anak buahnya yang ditugaskan di kecamatan yang tak bekerja professional. “Ini kan menyangkut nama baik Bupati,” katanya.

Sayangnya, Camat Gunungsindur, Yodi. MS. Ermaya, hingga berita ini diturunkan belum bisa dimintai komentarnya, karena ketika hendak dikonfirmasi sang camat sedang berada di Cibinong, untuk menghadiri rapat paripurna DPRD. “Mohon maaf, Pak Camat tidak ada di kantor, beliau sedang bertugas di Cibinong,” kata salah seorang stafnya.

Sekedar informasi Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di tiap kecamatan merupakan perintah dari Peraturan Menteri Dalam  Negeri (Permendagri) Nomor 04 tahun 2010. Pelayanan yang diberikan kecamatan menurut Permendagri terdiri dari dua, yakni pelayanan bidang perizinan dan non perizinan.PATEN sendiri bertujuan, untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. (bogoronline.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here