Sebelum ke Jepang, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Shinkansen

114
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Kereta cepat atau yang di Jepang dikenal dengan nama Shinkansen merupakan moda transportasi andalan Jepang, yang menjadi daya tarik wisata negeri Sakura. Menerabas jalan salju pedesaan di antara Gunung Fuji, Shinkansen bukan hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga representasi atas kehidupan orang Jepang yang modern namun tetap menjaga kekayaan tradisinya.

Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Jepang ingin merasakan pengalaman hebat menyaksikan keindahan alam Jepang dari dalam Shinkansen. Seperti dikutip dari laman Roughguides, Minggu (21/8/2016), berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang kereta cepat Shinkansen, sebelum Anda benar-benar berada di dalamnya.

Bisa Diandalkan
Jika Anda sudah terbiasa dengan delay keberangkatan kereta 15 menit sampai 1 jam, Anda akan dibuat berdecak kagum dengan kedisiplinan kedatangan Shinkansen. Menurut catatan, rata-rata delay kereta cepat ini hanya 36 detik, penundaan itu pun kebanyakan disebabkan oleh penyebab tak terkendali, seperti bencana alam misalnya. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, pasalnya ada 800 kereta yang dioperasikan tiap hari.

Sangat Aman
Meskipun Jepang dikenal sebagai negara dengan intensitas gempa yang tinggi, namun sejarah keberadaan Shinkansen yang sudah memasuki tahun ke-50 bersih dari catatan buruk kecelakaan kereta. Shinkansen juga tercatat telah membawa hampir 10 miliar penumpang sampai saat ini.

Sangat Cepat
Hal ini mungkin sudah diketahui banyak orang, namun yang perlu Anda ketahui adalah Shinkansen memiliki kecepatan operasi maksimum mencapai 320 km per jam saat pertama kali diluncurkan. Pada 2003, kereta cepat ini memecahkan rekor dunia sebagai kereta paling cepat di dunia dengan catatan 581 km per jam.

Siapa yang Menciptakan Shinkansen
Shinkansesn diciptakan oleh seorang ahli bernama Hideo Shima. Saat merancang kereta api dirinya seperti ingin menciptakan pesawat terbang, yang telah dirinya ciptakan sebelumnya. Setelah pensiun dari dunia perkeretaapian, Hideo Shima aktif di badan antariksa Jepang.

Hal Menarik dari Shinkansen
Jepang memberikan potongan harga tiket khususnya bagi wisatawan mancanegara, dengan catatan tiket harus sudah dibeli sebelum wisatawan datang ke Jepang. Hal menarik lainnya adalah saat cuaca baik, Anda yang berpergian ke Shizuoka berkesempatan menyaksikan keindahan Gunung Fuji dari dalam Shinkansen. (liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here