PLN akan Usul Formula Tarif Listrik Adjustment Baru

105
0
SHARE
PLN akan Usul Formula Tarif Listrik Adjustment Baru
PLN akan Usul Formula Tarif Listrik Adjustment Baru

BHARATANEWS.ID | BISNIS – PT PLN (Persero) akan mengusulkan penyesuaian harga gas sebagai satu komponen penentu harga tarif adjustment listrik tiap bulan.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, penyesuaian harga gas menjadi tambahan dalam perhitungan tarif adjustment, sebab sudah mulai banyak listrik yang berasal dari gas. Saat ini, beberapa pembangkit yang ada sudah menggunakan energi baru terbarukan yakni gas.

 “Mungkin masuk harga gas, formulasinya mungkin baru usulan dari kita,” kata Sofyan, di Kantor Menko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Sofyan mengatakan, terkait penyesuaian harga gas ini sudah disampaikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai suatu kendala.

Hal itu juga diungkapkannya sebagai suatu kendala, karena selama ini penetapan tarif adjustment itu hanya berdasarkan tiga faktor yaitu kurs rupiah terhadap dolar, inflasi, dan harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP).

“Sudah disampaikan kendala, penyesuaian harga gas perhitungan perumusan tarif, sekarang EBT masuk gas besar sekali. Kalau dulu tarif hanya masalah BBM, inflasi kurs, mungkin masuk harga gas, formulasinya mungkin baru usulan dari kita,” jelas dia.

Namun demikian, lanjut Sofyan, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian ESDM terkait usulan tersebut. “Bagaimananya terserah kementerian ESDM,” pungkas dia.

(metrotvnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here