Mampu Bersaing, Pemkab Bogor Terus Tingkatkan Ekspor Ikan Hias

37
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pemerintah terus mempromosikan ikan hias air tawar. Hal itu, dilakukan mampu bersaing dan menjadi negara eksportir terbesar dunia.

Sekretaris Ditjen Penguatan Daya Saing Prodak Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP),  Berny A Subekti mengatakan, perkembangan industri ikan hias sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Tetapi, kata dia, yang perlu dilakukan pemerintah beserta mitra swasta dalam maupun luar negeri pengembangan jejaring dan industri yang bermanfaat.

“Sekarang kita berbicara berada dimana, sebenarnya potensi kita sangat besar,” ujarnya disela-sela acara Kontes dan Bursa Ikan Hias di Riser.

Sehingga, kata dia, yang perlu dikembangkan tentu harus dari para pemain assosiasi, perhimpunan ikan hias agar mau bersatu bersama regulator, pengelola lembaga dan kementrian terkait.

“Sebenarnya tidak terlalu berkaitan dengan menurun atau naiknya industri produksi ikan hias antar negera. Jika sudah memiliki kekuatan tersendiri, secara nasional dan regional kita optimis lebih,” ujarnya

Berdasarkan catatan, Indonesia termasuk pengeskpor ikan hias ke negara Cina selama lima tahun terakhir. Menurutnya, kemampuan produksi ikan hias masih berpotensi baik sehingga tak ada kekhawatiran.

Strategi kedepan, kata dia, tentu dengan keterbukaan antara eksportir dan regulator harus terbuka. Ia menambahkan, pembinaan juga terus ditingkatkan seiring dengan reorganisasi yang ada.

Dalam acara tersebut, beberapa jenis ikan juga dikonteskan menguikuti bursa ikan hias yang berasal dari delapan intansi pemerintah dan 12 perusahaan dan kelompok usaha.

(pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here